Call Us:   0721-8011325 or fax. 0721-8011329

posted by | No comments

Rasulullah SAW bersabda :

“Di setiap hari tasyriq adalah penyembelihan”. (HR. Ahmad 17207, Ibnu Hibban 3854, ad-Daruquthni dalam Sunannya 4821).

Imam An-Nawawi menyebutkan juga bahwa :

وأما آخر وقتها فاتفقت نصوص الشافعي والاصحاب على أنه يخرج وقتها بغروب شمس اليوم الثالث من أيام التشريق واتفقوا على أنه يجوز ذبحها في هذا الزمان ليلا ونهارا

Akhir waktu penyembelihan, keterangan Imam as-Syafii sama dengan keterangan para ulama syafiiyah bahwa batas waktu penyembelihan sampai terbenam matahari di hari tasyriq ketiga (13 Dzulhijjah). Mereka sepakat, boleh menyembelih qurban di selama rentang waktu ini, siang maupun malam. (al-Majmu’ Syarh Muhadzab, 8/388).

Alhamdulillahirabbil `alamin, dengan mengucap syukur yang tak terhingga kepada Allah SWT dan bertepatan dengan tanggal 04 September 2017 atau 13 Dzulhijjah 1438 H sebagai hari tasyriq terakhir di bulan Dzulhijjah tahun 1438 H, Yayasan Pendidikan Global Madani telah sukses menyelenggarakan kegiatan Belajar Berkurban. Adapun ringkas acara kegiatan ini di antaranya : pembukaan, sambutan, tausyiyah, doa, proses penyembelihan hewan kurban dan ditutup dengan makan bersama.

Kegiatan Belajar Berkurban tahun ini mengusung tema “Berkurban Bukti Cinta, Cinta Kepada Allah dan Cinta Sesama”. Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Bapak Dr. Erwanto, M.S selaku Pembina Yayasan Pendidikan Global Madani. Dalam sambutannya, beliau berpesan dan mengajak seluruh Sivitas Akademik Global Madani untuk selalu mengambil Ibrah dan pelajaran dari nabi Ibrahim a.s beserta keluarganya serta dari kegiatan kurban yang akan dilaksanakan hari ini, di antaranya ikhlas dan senantiasa berharap ridha Allah dalam setiap ibadah dan amal yg kita lakukan selama menjalani kehidupan ini. Menyambung pesan yang telah disampaikan oleh Pembina YPGM dalam sambutannya, kepala SMA Global Madani Bapak Rofi’ Darojat, Lc., M.H.I yang dalam acara ini berkesempatan memberikan tausyiyah singkat tentang makna dan filosofi berkurban, bahwa berkurban adalah sebuah tindakan manifestasi kebaikan yang memiliki nilai dan tujuan yang agung, selain untuk mengajarkan kepada kita makna keimanan dan kesungguhan beribadah kepada Allah SWT seperti yang telah diteladankan oleh nabi Ibrahim a.s dan Siti Hajar dalam menjalani kehidupan dan ujian yang Allah SWT beri kepada mereka juga sebagai sarana kita untuk menghilangkan sifat syaitaniyah (buruk) dalam diri kita serta bukti cinta kita kepada Allah dan sesama.

Dalam kegiatan Belajar Berkurban tahun ini, alhamdulilah Yayasan Pendidikan Global Madani dapat berkorban dengan 3 ekor sapi dan 3 ekor kambing. 2 ekor sapi dihadirkan dari dana belajar berkurban siswa, 1 ekor sapi dari pengelola yayasan, 1 ekor kambing dari guru dan 2 ekor kambing dari wali siswa yang dalam kesempatan ini berpartisipasi dan mempercayakan kurbannya kepada Yayasan Pendidikan Global Madani. Dalam proses Belajar Berkurban ini, seluruh siswa dan guru saling terlibat satu dengan yang lainnya. Mereka belajar bagaimana proses dan tatacara penyembelihan yang sesuai syariat, pengulitan, pemotongan, pembagian daging kurban kepada mereka yang berhak menerimanya sampai proses pemasakan daging. Semua kegiatan yang dilaksanakan oleh para siswa dan guru tidak lain untuk tujuan menerapkan dan mengaplikasikan secara langsung nilai-nilai yg terkandung dalam SAKU GM (Sembilan Aspek Kurikulum Unggulan Global Madani), di antaranya keislaman, life skill dan soft skill.

Di penghujung acara sekaligus sebagai penutup rangkaian kegiatan Belajar Berkurban tahun ini, seluruh pengelola, pimpinan unit, guru, siswa, karyawan serta seluruh Sivitas Akademik Global Madani berkesempatan menikmati hasil dari proses ibadah kurban yang telah mereka laksanakan hari ini dengan makan bersama. Hal ini bertujuan selain untuk mengakrabkan dan membangun rasa kekerabatan serta kekeluargaan di antara mereka dan seluruh sivitas GM, juga sekaligus sebagai bentuk rasa syukur atas telah terlaksananya ibadah kurban yang dilaksanakan hari ini.

Akhirnya, kepada segenap pengelola, pimpinan unit (SD, SMP dan SMA), panitia Idul Qurban baik dari guru ataupun siswa serta seluruh sivitas GM dan rekanan yg telah membantu terselenggaranya kegiatan ini dengan baik, kami ucapkan jazakumullah khairal jaza atas partisipasi, dedikasi, kerja ikhlas dan team work yg telah dicurahkan sehingga acara dapat berjalan dengan baik dan sukses. Semoga seluruh rangkaian ibadah kurban yg telah terselenggara diterima di sisi Allah SWT dari semua sisi dan dapat menjadi bukti cinta kita kepada Allah dan sesama.

Written and edited by : Rofi’ Darojat
Uploaded by : M.Syaifudin
Date : 13 Dzulhijjah 1438 H / 04 September 2017 M

Bagikan ke sosial media 👇
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply