Call Us:   0721-8011325 or fax. 0721-8011329

posted by | No comments

“Kepemimpinan  dan Pembelajaran Adalah Dua Hal yang Tidak Bisa Dipisahkan”
As-Salam Hall dan Pantai Mutun 4 – 6 November 2017
“Kepemimpinan adalah seni untuk membuat orang lain melakukan apa yang Anda inginkan atas keinginannya sendiri.”  (Jenderal Dwight David Eisenhower)

Alhamdulilah, tepatnya pada Jumat sore tanggal 4-6 November OSIS angkatan VI SMA Global Madani telah melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK). Kegiatan yang dilakukan selama 3 hari 2 malam tersebut mengangkat tema  “Kepemimpinan  dan Pembelajaran Adalah Dua Hal yang Tidak Bisa Dipisahkan”.  Acara ini dibuka sekaligus sambutan oleh Direktur Akademik dan Kesiswaan Yayasan Pendidikan Global Madani Prof. Dr. Ir. Hj. Nanik Sriyani, M.Sc.

Setelah acara pembukaan selesai dilaksanakan, acara dilanjutkan dengan materi mengenai motivasi belajar, pengembangan diri dalam organisasi serta study luar negeri bersama Prof. Dr. Ir. Hj. Nanik Sriyani, M.Sc.  Materi tentang organisasi dan study di luar negeri ini sangat diminati siswa terlebih mengenai pengalaman beliau saat menempuh pendidikan S2 dan S3 nya di Amerika serta pengalaman beliau keliling dunia dan menggali nilai-nilai NASEC (Nine Aspect of SGM Enrich Curiculum).  Setelah menunaikan salat isya berjamaah dan coffee break, materi dilanjutkan oleh Kepala SMA Global Madani Mr. Rofi’ Darojat, Lc. M.H.I. Materi sesi keduapun tidak kalah menarik, yaitu mengenai Public Speaking. Di sini para pengurus OSIS dibekali dengan materi mengenai langkah-langkah berbicara di depan umum, menghilangkan nervous dan menguasai  audiens. Tidak hanya memberikan materi, Mr.Rofi’ juga memberikan challenge kepada beberapa anggota OSIS untuk maju dan mempraktikan public speaking, dengan metode yang menyenangkan. Setelah materi public speaking selesai seluruh anggota OSIS istirahat malam.

Memasukii hari kedua LDK, tepatnya Sabtu, 5 November, seluruh anggota OSIS memulai  kegiatan di pagi hari mereka dengan melaksanakan salat tahajud berjamaah di masjid Al-Madani, dilanjutkan dengan membaca Al Ma’tsurot  dan mendengarkan kultum dari Abi Saifullah Ali, S.Pd.I., ditutup dengan jogging pagi bersama  dilanjutkan dengan mandi dan sarapan.

Tepat pukul 07.00 WIB seluruh anggota OSIS kembali mengikuti rangkaian materi LDK untuk sesi selanjutnya yaitu tentang Manajemen Waktu yang diisi oleh Ms. Irayanti, S.Pd. Dalam materi ini, mereka mendapat pembekalan tentang bagaimana cara mengatur waktu pribadi dan waktu organisasi sehingga target pribadi dan organisasi dapat mereka capai. Setelah materi ini berakhir, kegiatan selanjutnya diisi kembali oleh Mr. Rofi’ Darojat, Lc. M.H.I. terkait tentang  kesekretariatan pada materi ini mereka mendapat pembekalan serta praktik secara langsung tentang bagaimana langkah-langkah dalam menyusun surat, proposal, dan kearsipan yang kemudian mereka presentasikan. Pukul 11.30-13.00 WIB seluruh anggota OSIS diberi waktu istirahat salat dan makan (isoma). Dan pada pukul 13.00 WIB, materi dilanjutkan kembali oleh Mr. Rofi’ dengan pembahasan mengenai keorganisasian dan leadership. Materi ini berisi mengenai program kerja OSIS, leadership, laporan pertanggungjawaban serta manajemen konflik. Setelah materi tersebut berakhir diberikan, seluruh anggota OSIS mendapatkan materi oleh Abah Naufal Umam, S.Pd. Gr, mengenai  manajemen rapat. Materi ini membahas mengenai bagaimana langkah-langkah dalam melaksanakan rapat dan sidang, Bagaimana memulai dan menutup sidang. Setelah itu seluruh anggota OSIS melaksanakan salat ashar dancoffee break.

Pada pukul 16.00 WIB seluruh pengurus OSIS SMA kembali menerima materi terkait dengan SWOT analysis. Materi ini disampaikan oleh Mr Syofian Hadi, S.Pd., dengan tujuan agar saat mereka mengelola OSIS, mereka mengatahui mengenai  pemahaman kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (oppourtunity), dan ancaman (threat) yang harus disusun dalam matrix oleh seluruh anggota OSIS terhadap organisasinya. Materi ini selesai pukul 17.30 WIB kemudian dilanjutkan dengan mandi, salat magrib,  makan malam serta salat isya. Setelah itu materi dilanjutkan dengan post test bagi seluruh anggota OSIS dengan mengerjakan soal pilihan ganda yang berisi materi dari awal latihan dasar kepemimpinan sampai dengan akhir. Setelah materi selesai seluruh anggota OSIS, guru, dan kepala sekolah ditantang untuk maju tampil benyanyi guna menambah keakraban.

Pada hari terakhir kegiatan LDK ini, seluruh anggota OSIS melaksanakan salat tahajud berjamaah di masjid Al-Madani dilanjutkan dengan membaca Al-Ma’tsurot  dan dzikir. Setelah salat subuh dan mendengarkan kultum dari Abi Saifullah Ali S.Pd.I, pada pukul 05.00 WIB seluruh anggota OSIS mempersiapkan perlengkapan untuk melaksanakan kegiatan gathering dan game leadership serta penutupan kegiatan LDK di Pantai Mutun. Kegiatan ini berlangsung dengan sangat fun, kegiatan ini dipimpin oleh Abah Ahmad Naufal, S.Pd., Gr. Beberapa games dilakukan  untuk meningkatkan kekompakan, ketelitian, kejujuran sesama anggota OSIS.

Semoga dengan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) OSIS SMA Global Madani angkatan VI yang telah berloangsung selama 3 hari 2 malam, mampu membekali mereka untuk memajukan OSIS SMA Global Madani dengan berbagai macam kegiatannya.

Selamat belajar dan berorganisasi, semoga Allah senantiasa menjaga dan meridhai.

“Kepemimpinan dan pembelajaran adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan” (Warren Bennis)

Written by    : Adam Mustapa, S.Pd.

Editor by       : Rofi’ Darojat, Lc., M.H.I.

Uploaded by : M. Syaifudin, S.Kom.

Bagikan ke sosial media 👇
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply