Call Us:   0721-8011325 or fax. 0721-8011329

posted by | No comments

Senin, 4 September 2017 telah dilaksanakan perayaan Idul Adha 1438 H di SD Global Madani. Perayaan Idul Adha kali ini dirayakan dengan menyelenggarakan manasik haji bagi siswa-siswi kelas I-III. Kegiatan siswa kelas IV-V adalah tausiyah dan nonton film bersama tentang kisah Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s. yang disampaikan oleh Ust. M. Ramadhan, S. Pd. Sedangkan kelas VI mengikuti agenda pemotongan hewan qurban. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 07.15-10.30 untuk siswa kelas I-V dan pukul 07.15-13.00 untuk siswa kelas VI.

Siswa kelas I-III mengikuti rangkaian acara manasik haji dimulai dengan photo session. Setelah itu, dilanjutkan dengan rangkaian ibadah haji diantaranya ihram, wukuf, lempar jumroh, tawaf, sai, dan tahalul. Kemudian, para siswa diperkenankan istirahat dan dilanjutkan dengan melihat penyembelihan hewan qurban. Perayaan Idul Adha diakhiri dengan kegiatan mewarnai gambar islami. Semua siswa-siswi terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Kegiatan siswa kelas IV dan V adalah tausiyah dan nonton bersama. Dengan mengusung tema “Meneladani Akhlak Nabi Ibrahim dengan Ikhlas Berkurban,” Ust. Ramadhan menyampaikan tausiyah dengan begitu piawai sehingga siswa antusias dan seksama mendengarkan tausiyah. Tidak lupa pula Ust. Ramadhan menyertakan doa dan dzikir untuk saudara-saudara kita sesama muslim yang sedang tertimpa musibah di belahan bumi Allah yang lain. Tausiyah dilanjutkan dengan menonton film bersama. Unsur cerita dalam film menceritakan proses Nabi Ibrahim mendapat perintah dari Allah SWT untuk menyembelih Ismail anaknya yang sangat ia cintai hingga Allah SWT menggantikannya dengan hewan sembelihan yang besar.

Sementara itu, siswa-siswi kelas VI mengikuti rangkaian acara Idul Adha besar bersama siswa SMP dan SMA Global Madani yang diawali dengan pembukaan oleh Pembina Yayasan Pendidikan Global Madani, Dr. Erwanto, M.Sc. dan tausiyah oleh Ust. Rofi Darojat, Lc., M.H.I. Kemudian, siswa kelas VI membantu proses pemotongan dan penimbangan daging. Mereka juga turut mendistribusikan daging qurban ke warga sekitar serta membantu proses pemasakan daging qurban yang akan disantap bersama ketika makan siang. Perayaan Idul Adha besar ditutup dengan melaksanakan solat Dzuhur berjamaah di kelas masing-masing.

Perayaan Idul Adha diharapkan mampu menumbuhkan rasa cinta kepada Rasulullah SAW dan meneladani perjuangan Nabi Ibrahim dalam menjalani perintah Allah serta memberikan pendidikan keislaman (NASEC) kepada seluruh siswa dan sivitas Sekolah Global Madani. Kegiatan ini juga memotivasi dan menambah wawasan seluruh siswa untuk mengisi perayaan Idul Adha dengan kegiatan yang positif dan membangun pribadi yang lebih baik.

written by Hanifah Muyassaroh, S.Pd.I.

Bagikan ke sosial media 👇
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply