Call Us:   0721-8011325 or fax. 0721-8011329

posted by | No comments

Pada awal tahun pelajaran, sekolah wajib melaksanakan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru yang sebelumnya biasa dikenal dengan PPLS (Program Pengenalan Lingkungan Sekolah) di Sekolah Global Madani disebut Oriesis (Orientasi Siswa) baru. Kegiatan ini bertujuan agar siswa mengenali potensi diri, membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan sekolah, dan menumbuhkan motivasi belajar sebelum aktif belajar di sekolah. Mengusung tema “Proud to be Islamic, Intelligent, and Dignified Students”, Sekolah Global Madani melaksanakan kegiatan Oriesis selama 3 hari berturut-turut, pada tanggal 13 – 15 Juli 2017 dengan mengintegrasikan kurikulum dan nilai-nilai unggulan di dalam NASEC (Nine Aspect of SGM Enrich Curiculum) dan CCGM (Code of Conduct of Global Madani). Kegiatan ini diikuti oleh 86 siswa dan dilaksanakan sesuai dengan Permendikbud No. 18 tahun 2016 mengenai pelaksanaan kegiatan PPLS yang menyenangkan dan bersahabat.

Hari pertama kegiatan Oriesis dibuka oleh Kepala SMA Global Madani, Mr. Rofi’ Darojat Lc, M.H.I. sekaligus meresmikan kegiatan Oriesis secara simbolik kepada perwakilan siswa baru dengan penyematan name tag. Acara pembukaan ini juga dimeriahkan oleh penampilan Tari Putri Besikop oleh tim tari SMA Global Madani dan ditutup dengan perkenalan guru dan staf SMA Global Madani. Kegiatan dilanjutkan dengan salat dhuha berjamaah di plaza Keneda. Kegiatan salat dhuha berjamaah ini bertujuan untuk mengenalkan siswa dengan ibadah salat dhuha yang wajib dilaksanakan sebelum masuk kelas dan juga salah satu penerapan nilai NASEC keagamaan. Usai salat berjamaah siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok diantaranya kelompok Islami, Cerdas, Bermartabat, NASEC, CCGM, EA, Green, English, Integritas, Respect, Karani, dan Plaza. Nama kelompok tersebut dipilih karena menggambarkan karakter yang ada di Sekolah Global Madani. Rangkaian kegiatan pada hari pertama Oriesis berlangsung menyenangkan mulai dari games perkenalan, makan siang bersama hingga membuat mading. Terlihat sekali sudah mulai terjalin keakraban antara siswa baru dan kakak fasilitator (OSIS).

Oriesis pada hari kedua dimulai dengan salat dhuha berjamaah di masjid Al Madani, dilanjutkan dengan games kekraban dan tukar kado serta pengenalan ekstrakurikuler sekolah. Untuk memperkenalkan ekstrakurikuler yang ada di sekolah, kegiatan dikemas dalam sebuah kabaret yang berjudul “ Petualangan Insan Islami Cerdas Bermartabat”. Semua peserta Oriesis antusias melihat pertunjukan tersebut. Setelah pertunjukan kabaret usai, dilanjutkan dengan makan bersama dan shalat Jum’at berjamaah bagi siswa putra. Untuk siswa putri diadakan kegiatan keputrian dan salat dzuhur berjamaah, kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan siswa putri bahwa setiap hari Jum’at diadakan kegiatan keputrian sekaligus kembali mensosialisasikan peraturan-peraturan di sekolah khusus untuk siswi . Kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan materi Social Media Interaction and The Danger of Drugs and Free Sex oleh kepala SMA Global Madani, dalam kegiatan ini siswa dapat membuka wawasan global bagaimana cara berinteraksi yang baik di sosial media serta bahaya narkoba dan seks bebas. Kegiatan dilanjutkan dengan presentasi mading yang telah dikerjakan pada hari sebelumnya. Dalam kegiatan ini siswa dapat menggali kemampuan life skill dan kebahasaan siswa. Kegiatan ini diakhiri dengan closing ceremony dengan pelepasan name tag peserta Oriesis secara simbolis dan pemakaian topi SMA oleh kepala sekolah, pemutaran video snapshot dengan konsep “momen persahabatan, garing, lucu, haru, dan diakhiri dengan ucapan selamat belajar di Global Madani, serta membuat Time Capsule yaitu menulis harapan selama 3 tahun di Global Madani, lalu dimasukkan ke dalam toples transparan yang kemudian akan disimpan di ruang BK dan kelak saat kelulusan kelas XII akan dibuka kembali.

Rangkaian terakhir kegiatan Oriesis yaitu latihan kedisiplinan dan nasionalisme oleh anggota Korem 043 GATAM. Kegiatan diisi dengan keterampilan baris berbaris dan diselingi dengan kegiatan yel-yel yang membangkitkan semangat siswa. Antusiasme siswa begitu besar saat mengikuti kegiatan, terlebih banyak siswa baru Sekolah Global Madani yang sudah bergabung dalam tim paskibraka di SMP. Kegiatan PBB dibagi menjadi dua kelompok, dimana kelompok siswa laki-laki berlatih di Plaza Kafe dan kelompok siswa puteri ada di Plaza Kanafira. Di akhir kegiatan, seluruh siswa berkesempatan berfoto bersama dengan anggota.

Kegiatan Oriesis juga dilengkapi dengan materi “Stop Bullying” yang disampaikan oleh Umi Evi Ghozaly selaku Dir. Penjamin Kualitas Pendidikan Sekolah Global Madani. Materi tentang bullying ini merupakan materi wajib pada kegiatan Oriesis di Sekolah Global Madani. Konsep kegiatan Oriesis tahun ini dikemas selaras dengan tema yang mencoba menghadirkan momen-momen berkesan selama kegiatan Oriesis dan lebih bersemangat menghadapi tahun ajaran baru di sekolah baru. Panitia mengharapkan momen-momen yang telah dilalui siswa selama Oriesis dapat menanamkan kepada siswa bahwa Global Madani bukan sekolah biasa, bukan tempat dengan pembelajaran dan lingkungan yang membosankan, melainkan rumah kedua bagi siswa, tempat yang nyaman untuk menuntut ilmu, bersosialisasi, serta mengembangkan minat dan bakat yang nyaman. Welcome to your second home, because “We are Proud to be Islamic, Intelligent, and Dignified Students”.

Written by : Ms. Anindya Puspa Hapsari, S.Pd., Gr.
Uploaded by : Mr. M. Syaifudin, S.Kom.
Date : 13 – 15 Juli 2017

Bagikan ke sosial media 👇
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply