Call Us:   0721-8011325 or fax. 0721-8011329

posted by | No comments

Hari ini adalah hari yang sangat menggembirakan bagi seluruh siswa dan guru SD Global Madani. Senin, 16 Juli adalah hari pertama masuk sekolah sekaligus penutupan rangkaian kegiatan Oriesis (orientasi siswa) SD Global Madani yang telah dilaksanakn selama dua hari pada hari Kamis-Jumat, 12-13 Juli 2018. Kegiatan oriesis merupakan kegiatan rutin Sekolah Global Madani yang bertujuan untuk memperkenalkan sekolah dan budaya Global Madani kepada siswa siswi baru dan pindahan. Tema yang diangkat adalah ”Start the Joyful Adventure in Elementary School of Global Madani”. Tahun ini terdapat 77 siswa baru dan pindahan yang mengikuti kegiatan oriesis.

Pada hari Kamis, 12 Juli 2018, Oriesis diawali dengan kegiatan pembukaan. Saat pembukaan, siswa dibagi menjadi tiga kelompok untuk mempermudah mereka saat berkenalan. Setelah saling mengenal, mereka masuk ke dalam kelas masing-masing yang telah dibagi dalam empat ruang kelas. Kegiatan dilanjutkan dengan membuat topi, belajar tentang table manner, dan diakhiri dengan bernyanyi mars serta himne Global Madani. Dalam kegiatan table manner, mereka belajar tentang kerapian berpakaian, memanfaatkan fasilitas ruang kelas secara maksimal seperti menutup jendela dan pintu saat AC menyala, merawat benda sekitar mereka seperti meja, kursi, rak sepatu, blindfold, menerapkan 4S (senyum, salam, sapa, salaman), merapikan meja kursi setelah digunakan, dan mengingatkan mereka untuk dapat lebih menjaga lingkungan seperti membuang sampah pada tempat sampah. Pada hari Jumat, 13 Juli 2018, mereka belajar tentang bagaimana menggunakan toilet, GM tour, mewarnai, dan praktik salat Dhuha. Di hari kedua ini, mereka belajar lebih banyak mengenai lingkungan Sekolah Global Madani. Saat GM tour, mereka berjalan berkeliling sambil diperkenalkan dengan gedung KPM, Masjid Al-Madani, gedung SSC, klinik, kantin, gedung SMP dan SMA, Assalam hall, perpustakaan, dan ruang kelas SD Global Madani. GM tour ini diakhiri dengan perkenalan oleh Ms. Yeni Marlena, S.Pd. sebagai Kepala SD Global Madani. Selanjutnya mereka kembali masuk ke kelas masing-masing untuk mewarnai. Setelah itu, mereka mendapatkan materi toilet training dan wudhu. Kegiatan hari ini ditutup dengan praktik salat Dhuha di kelas masing-masing. Sekolah Global Madani mencoba membiasakan anak-anak untuk melaksanakan salat Dhuha ketika mereka tiba di sekolah dengan harapan dapat memotivasi siswa untuk dapat melaksanakannya dikemudian hari.

Pada hari Senin, 16 Juli 2018, acara penutupan oriesis dihadiri oleh seluruh siswa dan guru SD Global Madani. Turut hadir pula Direktur Penjamin Kualitas Pendidikan YPGM, Umi Evi Ghozaly, M.Pd. yang mengucapkan selamat datang kepada seluruh siswa pada sambutannya dan melaksanakan kegiatan potong pita sebagai simbol bahwa mereka telah menjadi bagian keluarga besar SD Global Madani. Pada acara ini dilaksanakan pula halalbihalal dengan seluruh siswa dan guru serta dilanjutkan dengan foto bersama.

Alhamdulillah, seluruh rangkaian kegiatan Oriesis SD Global Madani TA 2018/2019 berjalan dengan lancar. Kegiatan oriesis ini diharapkan dapat menjadikan siswa-siswi baru lebih memahami lingkungan dan budaya Sekolah Global Madani dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Ditulis oleh Arini Ayuning Palupi, S.Pd.
Editor Yeni Marlena, S.Pd. dan Anis Okta Fiana, S.Pd.

Bagikan ke sosial media 👇
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply