Call Us:   0721-8011325 or fax. 0721-8011329

posted by | No comments

Pada hari Senin, 23 Oktober 2017 siswa-siswi kelas 1, 2, dan 3 SD Global Madani mengikuti kegiatan Field Trip ke Taman Horti, Sabah Balau, Tanjung Bintang, Lampung Selatan. Field Trip merupakan kegiatan rutin SD Global Madani yang selalu menghadirkan tempat-tempat menarik untuk dikunjungi. Melalui kegiatan ini, siswa diberikan pendidikan secara langsung mengenai wawasan lingkungan, life skill, kewirausahaan, dan wawasan global dalam budidaya, pemanfaatan, dan pelestarian tanaman.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 07.15 WIB yang diawali pengarahan sekaligus pembukaan oleh kepala SD Global Madani, Miss Yeni Marlena, S.Pd. Siswa terlihat tertib dan semangat mendengarkan pengarahan dari kepala sekolah. Pukul 07.30 WIB seluruh siswa menaiki bis yang akan mengantarkan mereka ke Taman Horti. Sebelum memulai perjalanan, tak lupa seluruh siswa dan guru berdoa agar selamat sampai tujuan.

Setibanya di Taman Horti, siswa diarahkan menuju aula untuk diberi pengarahan singkat oleh Kakek Rizal yang merupakan pengelola Taman Horti. Setelah itu, siswa-siswi pergi berkeliling Taman Horti yang dipandu oleh ibu-ibu dan bapak-bapak yang merawat tanaman di sana. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok saat berkeliling melihat alat pertanian, tanaman bunga, tanaman obat, tanaman sayur, tanaman buah, dan tanaman hidroponik. Siswa-siswi diberi penjelasan tentang tanaman-tanaman serta manfaat tanaman tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Mereka pun nampak antusias mengamati dan tak ragu untuk bertanya.

Setelah berkeliling dan beristirahat sejenak, siswa-siswi kembali melanjutkan petualangan selanjutnya, yaitu menanam dan memanen sayuran. Tanpa ragu, mereka menebar benih bayam ke atas media tanah yang telah disediakan setelah diberi pengarahan cara menanam benih dan memanen sayuran. Selanjutnya, mereka diberi kesempatan untuk mencabut sendiri bayam dan kangkung yang kemudian dapat dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Kegiatan Field Trip, diakhiri dengan berbelanja buah mangga dan jeruk segar yang tersedia di Taman Horti. Siswa-siswi terlihat senang dan antusias membeli buah-buahan sebagai oleh-oleh tambahan. Siswa tiba di sekolah pukul 11.30 WIB dan pulang dengan hati gembira. Dengan mengikuti kegiatan ini, siswa SD Global Madani diharapkan dapat lebih mencintai, merawat, dan menghargai lingkungan serta melestarikan dan memanfaatkan sumber daya alam tanaman dengan bijak di kehidupan sehari-hari.

Ditulis oleh: Arini Ayuning Palupi, S.Pd.
Proof Reader: Anis Okta Fiana, S.Pd.I.
Editor: Yeni Marlena, S.Pd.

Bagikan ke sosial media 👇
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply