Call Us:   0721-8011325 or fax. 0721-8011329

posted by | No comments

Fieldtrip adalah salah satu kegiatan outing class yang rutin diselenggarakan setiap tahun oleh SMA Global Madani. Tahun ini siswa kelas X SMA Global Madani angkatan ke-7 melaksanakan kegiatan fieldtrip dengan destinasi PT. Nusantara Tropical Farm (NTF) Lampung Timur. PT Nusantara Tropical Farm (NTF) merupakan perusahaan yang didirikan pada tahun 1992, perusahaan ini merupakan salah satu produsen buah tropis terbesar asal Indonesia yang bersinar di dunia dan mampu bersaing dengan produsen buah terbesar asal Filipina yang memiliki luas area kurang lebih 3.700 hektare. Produk unggulan dari PT NTF ini adalah Nanas dan Pisang. Kegiatan ini diselenggarakan pada Kamis, 5 Oktober 2017 dengan mengusung tema “Learning Good Agribusiness to Prosper Our Country”. Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan menggali dan menerapkan secara langsung nilai-nilai NASEC (Nine Aspect of SGM Enrich Curriculum) yang merupakan kurikulum unggulan Sekolah Global Madani guna mencapai visi Insan Islami Cerdas Bermartabat.

Perjalanan menuju objek pembelajaran siswa SMA Global Madani ini dapat ditempuh dengan perjalanan selama kurang lebih 2,5 jam. Setibanya di PT NTF, siswa disambut hangat dengan tim NTF yang siap memandu dan mendampingi proses pembelajaran para siswa. Pembelajaran pertama dimulai dari packing house pisang Cavendish. Namun sebelum sampai di tempat ini, siswa diajak untuk berkeliling terlebihdahulu melihat hamparan kebun pisang serta bagaimana proses budidaya dan perawatan pisang agar menghasilkan produk yang berkelas. Setibanya di packing house pisang, siswa dipandu dengan tim NTF untuk mempelajari semua hal, mulai dari proses pembibitan, perawatan, panen, pembersihan pisang, pemilahan, sampai proses labeling dan packing. Pembelajaran kedua dilanjutkan menuju packing house nanas madu. Di tempat ini, siswapun mendapatkan wawasan keilmuan yang sangat luarbiasa, mereka belajar bagaimana proses penanaman, perawatan, pemanenan, pembersihan, pemilahan kualitas buah, proses labeling dan packing hingga pemasaran. Bahkan untuk memenuhi rasa penasaran para siswa terhadap hasil dan kualitas buah nanas dan pisang ini, para siswa berkesempatan mencicipi buah nanas segar dan pisang yang disuguhkan oleh pihak NTF. Adapun pembelajaran terakhir para siswa, diakhiri dengan mengunjungi area packing house papaya California. Di area ini, siswapun mempelajari hal yang sama seperti yang mereka dapati di dua tempat yang telah mereka kunjungi sebelumnya. Kegiatan ditutup dengan makan siang dan salat dzuhur bersama.

Dari outing class yang dilaksanakan di PT NTF ini, banyak sekali kesan dan nilai-nilai NASEC yang didapat dari masing-masing siswa, selain mereka bisa mengumpulkan data-data yang dapat mereka kembangkan untuk menyelesaikan tugas, mereka juga mendapatkan wawasan keilmuan baru bahwa perusahaan ini merupakan produsen buah tropis terbesar asal Indonesia yang bersinar di dunia yang telah menganut good agriculture practice serta tidak hanya membudidayakan nanas dan pisang saja, melainkan semua jenis buah segar dibudidayakan di tempat ini dengan hasil yang mendunia juga, seperti mangga, buah naga, lemon dan lain sebagainya. Selain itu merekapun baru menyadari bahwa berbagai jenis buah yang biasa dipasarkan dan sering mereka temui di supermarket, mal-mal bahkan di negara lain seperti Jepang, Hongkong, Malaysia, Arab Saudi dengan label sunpride merupakan produk andalan yang dihasilkan oleh PT NTF.

Terimakasih kepada PT Nusantara Tropical Farm (NTF) yang telah berkenan memasilitasi kunjungan seluruh siswa SMA Global Madani. Semoga pembelajaran yang telah mereka dapatkan mampu mereka kembangkan di kemudian hari. Sampai jumpa kembali pada kunjungan selanjutnya, semoga akan semakin banyak area yang dapat digali oleh para siswa SMA Global Madani.

Written : Ranti Ulandini
Edited by : Syofian Hadi and Rofi’ Darojat
Uploaded by : M.Syaifudin

Bagikan ke sosial media 👇
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply