Call Us:   0721-8011325 or fax. 0721-8011329

posted by | No comments

Alhamdulillah, kegiatan Study Tour SMP Global Madani Tahun Ajaran 2018-2019 telah berlangsung dengan lancar dan sukses. Mengusung tema “Create The An Unforgeable Moment With The Spirit In The Harmony Of Universe”, Study Tour kali ini berfokus mengeksplorasi beberapa tempat di Bandung, Semarang, dan Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti oleh 98 orang peserta yang terdiri dari 83 siswa dan 15 guru pendamping . Perjalanan dimulai pada hari Sabtu tanggal 19 Januari 2019, pukul 14.00 WIB dan tiba di Bandung hari Minggu pukul 04.30 WIB.

Destinasi pertama adalah Taman Sariater Bandung. Para peserta disambut oleh udara segar di tempat itu dan menikmati sensasi yang berbeda di pemandian air hangat Sariater. Destinasi selanjutnya adalah Floating Market, suasana di tempat wisata favorit ini cukup asri, hijau, dan tertata rapi. Floating Market merujuk pada stand tempat jualan makanan yang berada pada perahu. Para siswa di Floating Market dapat menambah wawasan lingkungan dengan berbagai wahana yang disajikan. Sore harinya perjalanan dilanjutkan ke Museum Geologi, para para peserta dapat mengeksplorasi ilmu pengetahuan teknologi di sana.

Di hari kedua 21 Januari 2019, para peserta mengunjungi Saung Angklung Udjo yang merupakan tempat pertunjukan dan pusat kerajinan tangan dan bambu. Selain itu, para peserta dapat mengeksplor wawasan global untuk memelihara kebudayaan Sunda dan khususnya angklung.

Di hari ketiga 22 Januari 2019, para peserta mengunjungi PT Nissin Biscuit yang produknya legendaris di semua kalangan masyarakat. Setelah diadakannya kunjungan ini para peserta mampu memahami secara langsung bagaimana sistem produksi yang dilakukan oleh PT Nissin Biscuit. Sore harinya perjalanan dilanjutkan ke Candi Borobudur yang merupakan tempat wisata pendidikan untuk menambah ilmu mengenai sejarah di Indonesia.

Di hari keempat 23 Januari 2019, para peserta melakukan outbond dan selusur sungai di Desa Kelor, Yogyakarta. Para peserta mendapatkan NASEC wawasan lingkungan karena susur sungai mampu memberikan pemahaman siswa akan pentingnya menjaga alam. Sore harinya perjalanan dilanjutkan ke Museum Merapi yang dapat menambah ilmu pengetahuan siswa tentang gunung api yang di Indonesia.

Di hari kelima 24 Januari 2019 para peserta menjelajahi Kampung Pusaka Kotagede, napak tilas sejarah Mataram Islam. Para peserta dibagi kelompok mengelilingi desa tersebut untuk melihat peninggalan-peninggalan sejarah Islam di tempat tersebut. Kegiatan berlangsung sampai malam hari. Sendratari Ramayana  yang merupakan pertunjukkan yang menggabungkan tari dan drama tanpa dialog menjadi penutup kegiatan hari itu.

Destinasi terakhir adalah Malioboro untuk wisata belanja. Setelah selesai di destinasi terakhir seluruh peserta mengikuti kegiatan gathering yang berlangsung dengan seru dan kekeluargaan. Keseruan terlihat dari antusiasme para peserta yang menampilkan performance terbaiknya. Ada yang berbeda dari Study Tour kali ini, yaitu dengan penganugerahan English Ambassador bagi siswa, tujuan dari pemilihan duta English Ambassador adalah untuk memberikan apresiasi kepada peserta yang telah aktif menggunakan bahasa Inggris selama kegiatan. Duta English Ambassador diharapkan dapat menjadi teladan bagi peserta lain dan menjadi pemicu untuk para peserta di Study Tour tahun berikutnya. Setelah acara selesai peserta kembali menuju Bandar Lampung dan tiba di Sekolah Global Madani pada hari Sabtu pukul 17.00 WIB

Diharapkan dari kegiatan Study Tour ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan siswa langsung dari tempat yang dikunjungi dan meningkatkan rasa kekeluargaan dengan sesama teman maupun guru.

Sampai jumpa pada Study Tour tahun depan.

Written by : Ririn Tria Piani, S.Pd.
Edited by : Ririn Tria Piani, S.Pd.
Uploaded by : Ahmad Habibullaah, S.Kom.

Bagikan ke sosial media 👇
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply