Call Us:   0721-8011325 or fax. 0721-8011329

posted by | No comments

Sesuai dengan tema “The School is One of The Step to Go Forward to be The Future Generation”, SMP Global Madani menyambut kedatangan para siswa/i baru dengan kegiatan oriesis atau yang biasa dikenal dengan Orientasi Siswa. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan sekolah kepada para calon siswa/i guna mempersiapkan mereka untuk menjadi generasi hebat di masa depan.

Kegiatan Oriesis ini dilakukan selama 2 (dua) hari dari tanggal 11-12 Juli 2019. Acara pembukaan ditandai oleh pemotongan pita oleh Mrs. Rani Amrista W., S.Pd., M.Sc. selaku kepala SMP Global Madani yang diikuti dengan penyematan name taq para peserta. Selanjutnya para siswa diajak untuk mengikuti games perkenalan para dewan guru dan sesama peserta oriesis yang dipandu oleh kakak-kakak OSIS kelas VIII dan IX, M. Dzaky Mushafa, M.Sulhan Arkan, dan M. Lindu Adjie.

Kemudian para peserta mendapatkan beberapa materi seperti pemahaman lingkungan yang diberikan oleh Kepala SMP Global Madani, pemahaman kurikulum dan Excel Apreciation (EA) yang disampaikan oleh Umi Fathul Anwariah, S.Pd. dan Abi Edi Purwanto, S.Pd.I selaku Wakil Kepala Bidang Kurikulum dan Kesiswaan. Pada siang hari, setelah shalat dzuhur berjamaah para peserta kembali diberikan materi mengenai bahaya narkoba dan pornografi oleh BNN.

Di hari kedua, kegiatan oriesis diawali dengan apel pagi yang dilanjutkan dengan shalat Dhuha berjamaah. Setelah itu, peserta mendapatkan pelatihan baris-berbaris sebagai latihan dasar kepemimpinan yang dipimpin oleh Paskibra Lampung.  Pelatihan ini ditunjukan untuk melatih soft skill peserta mengenai jiwa kepemimpinan & kedisiplinan. Peserta juga mendapatkan materi table manner yaitu mengenai tata cara dan adab di sekolah termasuk di kantin. Kegiatan ini menjadi salah satu penerapan NASEC yaitu life skills dan wawasan lingkungan. Peserta diajarkan untuk dapat merapihkan meja dan kursi ketika selesai makan dan hendak meninggalkan kantin serta untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan kantin dengan membuang sampah yang ada pada tempat sampah yang sudah disediakan. Materi ini disampaikan oleh Mrs. Fitria Merasari, S.Pd. (Karani I), Mrs. Ria Resti BU, S.Pd. (Karani II), dan Mrs Rahmi Fitrina, S.Pd. (Karani III).

Karena pelaksanaan Oriesis hari kedua bertepatan dengan hari Jum’at maka kegiatan dilanjutkan dengan shalat Jum’at berjamaah bagi peserta laki-laki dan keputrian bagi peserta perempuan. Sebelum berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan oriesis, Mrs Kurnia Araw, S.Pd., selaku guru BK SMP memberikaan materi yang terakhir yaitu mengenai bijak menggunakan gadget. Peserta diberikan pemahaman mengenai penggunaan gadget sebaik mungkin dan aturan untuk tidak membawa HP ke lingkungan Sekolah Global Madani. Penutupan acara oriesis ditandai dengan pelepasan name taq peserta dan penyematan medali untuk dua peserta terbaik yaitu, Arkan dan Hanum. Diharapkan setelah kegiatan ini selesai, para siswa/i baru dapat mengaplikasikan segala ilmu yang didapat selama 2 hari oriesis dengan baik dan mampu menjadi insan islami cerdas bermartabat.

Bagikan ke sosial media 👇
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Info Pendaftaran