Call Us:   0721-8011325 or fax. 0721-8011329

posted by | No comments

Homestay adalah salah satu dari beberapa kegiatan tahunan SD Global Madani. Meskipun sempat ditiadakan saat awal pandemi, kini SD Global Madani kembali mengadakan kegiatan Homestay dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Kegiatan ini diikuti oleh 51 siswa-siswi kelas VI yang didampingi oleh 5 guru pendamping. Kegiatan Homestay dilaksanakan pada Rabu, 3 November 2021 hingga Kamis, 4 November 2021 secara online dan offline. Mengusung tema kegiatan “Membangun Rasa Syukur, Kemandirian, dan Kerja Sama di Era Pandemi” kegiatan ini bertujuan menumbuhkan rasa syukur, kemandirian, dan kerjasama siswa di lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan salah satu penerapan kurikulum unggulan Sekolah Global Madani, yaitu SAKU GM (Sembilan Aspek Kurikulum Unggulan Global Madani) yang memiliki nilai karakter, keislaman, soft skill, life skill, wawasan global, wawasan lingkungan, kewirausahaan, bahasa, dan ICT.

Hari pertama kegiatan pada 3 November 2021, diawali dengan acara pembukaan yang dilaksanakan secara online melalui Zoom Cloud Meeting yang dihadiri oleh Pengawas Yayasan Pendidikan Global Madan,i Ibu  Dr. Dyah Indriana Kusumastuti, S.T., M.Sc., Kepala SD Global Madani, Mrs.Yeni Marlena, S.Pd., Wakil Kepala Bidang Kurikulum SD Global Madani Mrs. Astri Maulina, S.Pd., dan Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SD Global Madani Abi Mashudi, S.Pd. I.  Pada acara pembukaan tersebut, Pengawas Yayasan Pendidikan Global Madani menyampaikan pesan kepada siswa-siswi untuk menerapkan CCGM, menjaga protokol kesehatan dengan ketat, menjaga sikap, mengikuti setiap kegiatan dengan baik, dan mengerjakan tugas yang diberikan panitia. Setelah acara pembukaan selesai, siswa diberikan waktu untuk berkumpul bersama guru pendamping masing-masing dan mendiskusikan terkait yel-yel kelompok, tugas-tugas, dan perlengkapan yang harus disiapkan saat mengikuti Homestay di sekolah. Siswa melanjutkan kegiatan homestay di rumah dengan melakukan kegiatan sehari-hari dan mengikuti kegiatan orang tua. Di hari pertama ini, siswa diberi tugas untuk membuat video blog (vlog) sederhana. Video berisi tentang kegiatan dari salat tahajud, bangun tidur, beraktivitas, hingga istirahat di malam hari.

Hari kedua kegiatan siswa dimulai dengan berbaris rapi di halaman Plaza Keneda Sekolah Global Madani. Setelah siswa berukumpul, siswa diarahkan ke Masjid Al Madani untuk melaksanakan salat duha berjamaah yang diimami oleh Mr. Endrys Stiawan, S.Pd. Kegiatan ini sebagai wujud implementasi pendidikan keislaman SAKU GM. Setelah itu, siswa melanjutkan kegiatan senam bersama. Kegiatan ini sangat seru, mengingat hampir dua tahun siswa-siswi tidak pernah melaksanakan kegiatan senam bersama dengan guru dan teman-temannya. Tentunya, kegiatan senam bersama ini tidak terlepas dari guru pendamping yang tidak bosan mengingatkan terkait protokol kesehatan.

Keceriaan masih berlanjut setelah kegiatan senam bersama usai. Siswa diminta untuk berkumpul bersama kelompoknya masing-masing dan menampilkan yel-yel mereka. Setelah semua kelompok menampilkan yel-yelnya, kegiatan dilanjutkan dengan fun game. Kegiatan ini dilakukan Perguruan Tinggi Al Madani dan Sekolah Global Madani. Siswa diminta untuk memecahkan teka-teki berupa susunan gambar yang terpotong (puzzle). Sebelum mendapatkan potongan gambar, siswa harus menjawab beberapa pertanyaan umum terkait ilmu sosial dan wawasan sekolah pada pos-pos yang sudah ditentukan oleh panitia. Kelompok yang bisa menjawab pertanyaan akan mendapatkan potongan gambar tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa kerja sama dalam suatu pekerjaan. Selain itu, kegiatan fun game ini menerapkan tiga nilai SAKU GM, yaitu nilai soft skill, wawasan lingkungan, dan wawasan global.

Hari ketiga merupakan hari terakhir siswa-siswi mengikuti kegiatan Homestay. Kegiatan ini dilakukan secara online melalui Zoom Cloud Meeting. Pada kesempatan ini Mrs. Astri Maulina, S.Pd. selaku Wakil Kepala Bidang Kurikulum SD Global Madani menyampaikan pesannya kepada siswa yang sudah melaksanakan kegiatan Homestay untuk mengambil nilai positif dan meningkatkan kemandirian serta kerja sama antarsesama. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan penampilan yel-yel masing-masing kelompok dan pengumuman pemenang kelompok terkompak, kelompok terbaik, yel-yel terbaik, siswa terbaik, serta video blog (vlog) terbaik.

Kelompok terbaik adalah kelompok yang bisa menebak potongan gambar saat fun game.  Kelompok terbaik juara I dimenangkan oleh kelompok 5, juara II  adalah kelompok 2, juara III  adalah kelompok 1. Kemudian kelompok terkompak dimenangkan oleh kelompok 3 dan kelompok dengan yel-yel terbaik dimenangkan oleh kelompok 4. Selain itu, kategori video blog (vlog) terbaik dimenangkan oleh ananda Fairuz Zhafirah Harlan dari kelas VI A sebagai juara I, ananda Kayla Nadia Azka Dewi dari kelas VI A sebagai juara II, dan ananda Muhammad Galeno Akbar Arthatian dari kelas VI B sebagai juara III. Untuk kategori siswa terbaik selama kegiatan Homestay diraih oleh ananda Sutan Farel Alfarezy dari kelas VI B.

Demikian berakhirnya acara Homestay SD Global Madani T A 2021/2022. Kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh Pengelola Yayasan Pendidikan Global Madani, para pimpinan SD Global Madani, panitia kegiatan Homestay, serta guru-guru yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini. Semoga kegiatan yang telah terlaksana mampu meningkatkan rasa syukur, kemandirian, dan kerja sama bagi siswa-siswi SD Global Madani baik di lingkungan sekolah, keluarga, maupun masyarakat.

Ditulis oleh Rizky Fitri Ramadhani, S.Si., editor Anis Okta Fiana, S.Pd.I.

 

Bagikan ke sosial media 👇
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Info Pendaftaran