Call Us:   0721-8011325 or fax. 0721-8011329

posted by | No comments

Home stay merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan SMP Global Madani khususnya untuk siswa/i kelas IX. Tahun ini SMP Global Madani bekerjasama dengan pemerintah Pekon Argopeni Kec. Gisting Kab. Tanggamus dalam mengadakan  kegiatan tahunan home stay dengan tema “Building Independence, Social and Emotional Development with Society Through The Home Stay Activity”.  Kegiatan yang dikuti oleh siswa kelas IX yang berjumlah 92 orang siswa dan berlangsung selama tiga hari ini secara resmi dibuka oleh Kepala Sekolah Mrs. Rani Amrista Wijayanti, S.Pd, M.Sc.

Peserta home stay  berangkat pada hari Rabu, 14 November 2018 pukul 08.30 dari sekolah dan tiba di Pekon Argopeni  pukul 11.30 WIB. Selama perjalanan peserta sangat antusias mengikuti kegiatan, sesampainya di sana kami disambut sangat baik oleh seluruh perangkat desa dan para calon OTA (Orang Tua Asuh). Kepala pekon Bapak Kusno menyampaikan kesan  bahagia atas kehadiran siswa-siswi SMP Global Madani dan berharap semoga kegiatan ini dapat menumbuhkan sikap mandiri untuk semua siswa. Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan siswa-siswi peserta home stay kepada OTA. Setelah itu, rangkaian kegiatan siswa dimulai, mulai dari siswa mengunjungi TPA untuk belajar bersama adik-adik santri yang berlangsung setelah Maghrib hingga menjelang Isya. Di hari ke dua peserta home stay memulai kegiatan dengan funwalk berkeliling Pekon Argopeni, dan melanjutkan kegiatan membantu kegiatan OTA mereka di pagi hari hingga mereka berangkat ke kebun/sawah. Sore hari sebagai penutup kegiatan diadakan kegiatan perlombaan tradisional game antara siswa GM dan anak-anak Pekon Argopeni sebagai sarana interaksi.

Kegiatan yang siswa dapatkan sangat menarik dan sarat makna terlihat dari antusias siswa dalam mengikuti berbagai kegiatan yang mereka dapatkan dari OTA masing-masing. Tidak hanya kegiatan dalam bidang perkebunan yang peserta dapatkan, tetapi ada banyak lagi kegiatan sosial yang didapatkan, antara lain:  senam bersama, kerja bakti membantu membersihkan masjid dan berkeliling kampung untuk membersikan lingkungan sekitar,  dan ditutup dengan pemberian baksos kepada warga yang kurang mampu di desa tersebut.

Kegiatan home stay berakhir pada hari Jumat, 16 November 2018. Penutupan dilakukan di Balai Desa Pekon Argopeni. Kegiatan penutupan berlangsung sangat khidmat dan penuh haru karena siswa harus berpisah dari OTA yang sudah sangat dekat dengan mereka meskipun hanya tiga hari bersama.

Diharapkan melalui kegiatan home stay peserta dapat menambah wawasan lingkungan, menumbuhkan jiwa sosial dan gambaran masa depan mereka untuk membangun Negara Indonesia yang jauh lebih maju. Siswa-siswi Global Madani harus menjadi ‘tuan’ di negara sendiri lewat ilmu yang telah mereka dapatkan salah satunya dari sekolah ini.

Written by : Fitria Merasari, S.Pd.
Edited by : Ririn Tria Piani, S.Pd.
Uploaded by : Ahmad Habibullaah, S.Kom.

Bagikan ke sosial media 👇
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Info Pendaftaran