Call Us:   0721-8011325 or fax. 0721-8011329

posted by | No comments

Indonesia merupakan negara yang dianugerahi kekayaan melimpah oleh Allah SWT, mulai dari alamnya yang kaya raya, suku dan ras yang beraneka ragam, budaya yang eksotik dan menarik, hingga pemandangan alam yang elok nan memesona. Bahkan lautan membentang luas, gunung menjulang tinggi, flora fauna hidup beraneka ragam, semuanya berkolaborasi membentuk nusantara. Cita rasa nusantara yang kaya tersebut, tentu menjadi kebanggaan bagi kita.

SMA Global Madani merupakan sekolah dengan kurikulum nasional plus yang menggabungkan antara kurikulum nasional dengan Sembilan Aspek Kurikulum Unggulan (SAKU) Sekolah Global Madani yang menjadi penciri Sekolah Global Madani. SAKU GM tersebut selalu diterapkan dalam setiap kegiatan baik pembelajaran dalam maupun luar lingkungan sekolah. Salah satu kegiatan luar sekolah yang tentunya juga menerapkan SAKU GM ialah study tour yang telah dilaksanakan selama 9 hari, mulai dari tanggal 15 s.d 23 Januari 2020. Study tour dengan tema “Climb The Mountain, Cross The Sea, Strengthen Our Bond, Recharge Our Energy” tersebut diikuti oleh 75 siswa SMA Global Madani didampingi 14 guru dan staf, mengeksplor kekayaan Indonesia di Jakarta, Semarang, Bromo, Batu, Magelang, dan Yogyakarta.

Rabu, 15 Januari 2020 bertempat di Masjid Al-Madani kegiatan study tour dilepas langsung oleh Kepala SMA Global Madani, Mr. Rofi Darojat, Lc., M.H., dalam sambutannya beliau menghimbau kepada para peserta untuk mengikuti kegiatan dengan baik, mengeksplor SAKU GM yang ada di tempat kunjungan, dan tetap menjaga serta menerapkan CCGM. Diawali dengan salat sunah safar serta doa demi keselamatan dan kelancaran kegiatan, rombongan study tour berangkat meninggalkan Sekolah Global Madani.

Melalui study tour selama 9 hari seluruh peserta mengeksplor berbagai tempat kunjungan, sehingga memeroleh pembelajaran dan pengalaman baru yang tentunya akan sangat bermanfaat. Selama study tour tempat-tempat yang dikunjungi sangat beragam, mulai dari yang sifatnya formal untuk menambah pengetahuan hingga destinasi hiburan yang menyenangkan. Jalan-jalan sore di Kota Tua sebagai permulaan untuk mengawali kunjungan dalam kegiatan study tour menjadi pilihan yang cocok untuk mengisi agenda hari pertama, rombongan bersantai menikmati suasana sore kota Jakarta. Dua hari berikutnya, berturut-turut rombongan mengunjungi institusi formal untuk menambah pengetahuan dan pengalaman belajar siswa. Pertama, rombongan mengunjungi Universitas Indonesia (UI). Diawali dengan kunjungan ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI, lalu dilanjutkan dengan tour perpustakaan UI. Berstatus sebagai mahasiswa UI tentunya menjadi salah satu dambaan siswa setelah lulus SMA nanti. Pengalaman belajar hari itu dilanjutkan dengan mengunjungi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), di sana siswa mendapat pengetahuan langsung tentang hewan koleksi Zoologi LIPI, mereka dapat melihat langsung mulai dari hewat awetan basah hingga awetan kering. Keeseokan harinya, rombongan tiba di Semarang dan bergegas mengunjungi Akademi Kepolisian (AKPOL) Semarang. Siswa mendapat pengetahuan dan paparan yang jelas terkait apa saja persyaratan yang harus disiapkan untuk bisa menjadi Taruna Akpol hingga kehidupan keseharian para Taruna Akpol. Setelah itu, rombongan melanjutkan perjalanan untuk mengunjungi salah satu perusahaan besar asli Indonesia yaitu Industri Jamu Modern, PT. Sido Muncul. Keberhasilan PT. Sido Muncul menjadi bukti dan motivasi bahwa Indonesia memang melimpah kekayaan alamnya, dan akan semakin bermanfaat jika dikelola dengan tepat.

Setelah dua hari mengunjungi institusi formal, selanjutnya destinasi hiburan yang dikunjungi ialah wisata Gunung Bromo. Mulai dari menyaksikan matahari terbit, naik jeep menuju Bukit Telletubbies, hingga menyusuri pasir berbisik Gunung Bromo. Rasa lelah terobati dengan indahnya pemandangan, peserta semakin belajar betapa indahnya Indonesia dan tentu harus disyukuri.

Destinasi berikutnya dilanjutkan saat rombongan tiba di kota Batu, Jawa Timur. Menikmati indahnya malam kota Batu dengan mengunjungi Batu Night Spectacular (BNS) membuat energi dan keceriaan para peserta terisi kembali untuk melanjutkan keseruan keesokan harinya. Coban Talun menjadi pilihan destinasi berikutnya. Indahnya aliran air terjun dan sejuknya udara di sekitar air terjun membawa kedamaian. Ada di kota Batu, wisata petik apel di dekat Coban Talun tentu tidak kami lewati. Setelah puas menikmati wisata alam kota Batu, rombongan melanjutkan kunjungan ke Museum Angkut untuk mengenal jenis-jenis dan perkembangan alat transportasi baik darat, laut, maupun udara. Kota Batu memiliki banyak tempat wisata menarik, satu hari tentu belum cukup untuk menikmatinya. Oleh karena itu, hari kedua di Batu rombongan kembali mengeksplor dengan mengunjungi Museum Tubuh, Bagong the Adventure untuk mempelajari anatomi tubuh secara menarik dan menyenangkan. Dilanjutkan dengan mengeksplor Jatim Park 1 yang membuat peserta kembali terhibur dengan banyaknya wahana yang tersedia.

Puas menjelajah kota Batu, rombongan menuju Magelang untuk rafting di Sungai Citra Ello, lalu berkeliling desa wisata di sekitar Borobuddur menggunakan sepeda ontel hingga belajar membatik. Beranjak dari Magelang, rombongan menuju ke destinasi kota kunjungan berikutnya yaitu Yogyakarta. Museum Jawa Kuno Ullen Sentalu menjadi pilihan kunjungan di Yogyakarta. Belajar sejarah Kerajaan Jawa, mengenal tokoh-tokoh di Kesultanan Yogyakarta dan Surakarta, hingga melihat benda peninggalannya. Berkunjung ke Jogja, tentu Malioboro menjadi salah satu tempat yang tidak pernah bosan untuk dikunjungi. Menghabiskan waktu sore dengan berkeliling Malioboro menjadi destinasi penutup kegiatan study tour SMA Global Madani 2020. Namun, sebelum kembali ke Bandar Lampung, rombongan mengadakan gathering dalam rangka mempererat kebersamaan sekaligus sebagai tanda berakhirnya rangkaian kegiatan study tour 2020.

Semoga rangkaian kegiatan Study Tour SMA Global Madani tahun 2020 memberi kesan dan pengalaman baik, serta bermanfaat bagi seluruh peserta agar terus semangat belajar dan senantiasa bersyukur.

Written by : Holillah, S.Pd.
Edited by : Syofian Hadi, S.Pd., Gr.
Uploaded by : M. Syaifudin, S.Kom.

Bagikan ke sosial media 👇
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Info Pendaftaran