Call Us:   0721-8011325 or fax. 0721-8011329

posted by | No comments

Fieldtrip merupakan salah satu kegiatan outing class yang menyenangkan untuk melatih kreativitas, keberanian, dan kepercayaan diri siswa. Hal ini juga dilakukan dalam upaya pengimplementasian kurikulum unggulan sekolah, yaitu pendidikan karakter. Kegiatan fieldtrip tahun ini cukup berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu diadakan selama dua hari yaitu pada tanggal 13-14 November 2019 di tempat yang berbeda. Kegiatan dengan tema ”Fun Learning and Playing through Fieldtrip Activities” ini diikuti oleh 190 siswa kelas I, II dan III SD Global Madani.

Pada Rabu, 13 November 2019 siswa-siswi kelas I SD Global Madani mengikuti kegiatan fieldtrip ke Dunkin’ Donut, Pagar Alam, Kedaton, Bandar Lampung. Kegiatan ini dimulai dengan arahan dari Kepala SD Global Madani, Mrs. Yeni Marlena, S.Pd. pada pukul 07.15 WIB. Selanjutnya seluruh siswa menaiki bus yang akan mengantarkan ke Dunkin’ Donut. Setibanya di Dunkin’ Donut, siswa diarahkan untuk melakukan sesi foto bersama. Setelah itu, siswa-siswi melakukan kegiatan perkenalan, serta penjelasan alat, bahan, dan cara pembuatan donat yang dipandu oleh pegawai di sana. Siswa-siswi lalu melakukan praktik menghias donat dengan beraneka toping. Setelah selesai menghias donat siswa-siswi pun melakukan kegiatan makan bersama donat yang telah mereka hias. Kegiatan fieldtrip ini diakhiri dengan pembagian oleh-oleh berupa donat dan minuman ringan.

Kegiatan fieldtrip di hari kedua pada Kamis, 14 November 2019 dilaksanakan di Djunjungans, Desa Sukabanjar Kec. Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran. Djunjungans merupakan tempat yang berada di area perkebunan kakao, sawah dan dilewati aliran sungai yang sangat jernih, sehingga disukai anak-anak untuk kegiatan bertanam, memanen dan beternak. Kegiatan diawali dengan arahan dari Kepala SD Global Madani dan sesi foto bersama. Kegiatan pertama di Djunjungans siswa diberikan pengarahan, melakukan panen timun, menanam jagung, mengenal tanaman hidroponik, dan mengenal unggas. Kegiatan kedua, siswa praktik menanam padi di sawah dan dilanjutkan menangkap ikan di kolam. Ikan yang sudah ditangkap diperbolehkan untuk dibawa pulang. Siswa pulang dan sampai di sekolah pukul 12.00 WIB.

Siswa-siswi sangat antusias mengikuti kegiatan yang dilaksanakan, mereka terlihat bersemangat saat mengikuti kegiatan games yang melatih konsentrasi dan kecepatan pemainnya. Beberapa dari mereka juga memenangkan doorprize berupa botol minum, wadah bekal dan tas ransel. Semoga dengan diadakannya kegiatan fieldtrip ini siswa-siswi dapat lebih mencintai lingkungan dan mengaplikasikannya di rumah serta lingkungan mereka.

Ditulis oleh Jumiana, S.Pd.
Editor Yeni marlena, S.Pd. dan Anis Okta Fiana, S.Pd.I.

Bagikan ke sosial media 👇
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply