Call Us:   0721-8011325 or fax. 0721-8011329

posted by | No comments

Student Camp 2019 SD Global Madani dilaksanakan pada 5 s.d. 6 September 2019 diikuti oleh siswa-siswi kelas 4 dengan sangat antusias. Kegiatan dengan tema “Interact and Appreciate the Nature, Let’s be Independent Kids” ini diselenggarakan untuk melatih kemandirian, soft skill, life skill, memperkenalkan wawasan lingkungan, menumbuhkan sikap solidaritas, dan kerja sama siswa. Kegiatan ini diikuti oleh 47 siswa dan 11 guru pendamping. Student Camp 2019 mengajak siswa merasakan pengalaman-pengalaman menarik dan bermakna yang mungkin tidak didapat di dalam kelas, terlebih sangat penting hal-hal tersebut ditanamkan sejak dini. Kegiatan Student Camp 2019 merupakan salah satu kegiatan out door classroom yang rutin diadakan setiap tahun yang terintegrasi dengan ekstrakurikuler wajib Pramuka dan sangat dinantikan oleh kelas 4 SD Global Madani.

Peserta camp mulai berangkat dari sekolah menuju tempat perkemahan (Taman Wisata Wira Garden) Kamis, 5 September 08.00 WIB dan tiba pukul 08.45 WIB. Berbagai kegiatan yang menyenangkan dan mendidik bagi peserta dilaksanakan, diawali dengan apel pembukaan dan pembacaan alma’surat dilanjutkan dengan opening game KIM (Kemampuan Indra Manusia) yang diikuti seluruh peserta dengan sangat tertib dan menyenangkan. Setelah permainan KIM, siswa merapikan tenda masing-masing dan bersiap untuk salat Dzuhur dan lunch. Tak kalah seru, menjelang sore peserta disuguhkan dengan permainan sandi A-N yang sangat menarik. Siswa diminta untuk memecahkan sandi tersebut dan menemukan instruksi atau pertanyaan yang ada di dalamnya seperti (bunyi Dasa Dharma, isi Trisatya dan perintah untuk PBB (peraturan baris berbaris)). Di malam harinya digelar upacara pembukaan api unggun yang diawali dengan pembacaan Trisatya dan Dasa Dharma, setelah itu para peserta menampilkan yel-yel kelompok dengan semangat ditemani kobaran api unggun yang menghangatkan suasana.

Di hari kedua, kegiatan Student Camp diawali dengan salat Tahajjud dan muhasabah serta dilanjutkan salat Subuh berjamaah. Kegiatan dilanjutkan dengan senam pagi, operasi semut, dan sarapan. Sesudah sarapan pagi, kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan mencari jejak menyusuri sungai. Kegiatan-kegiatan ini wajib diikuti setiap barung (kelompok). Kegiatan diakhiri dengan upacara penutupan dan pengumuman pemenang lomba, di antaranya:
1. Peserta terbaik putra: Ababil Alghani (4A)
2. Peserta terbaik putri: Nadya Alima A.R. (4B)
3. Kelompok Tenda Terbaik
a. Tenda putri: Kelompok 1
b. Tenda putra: Kelompok 8

4. Lomba Sandi A-N
a. Juara 1: Barung ungu
b. Juara 2:Barung biru
c. Juara 3: Barung kuning

5. Lomba Jerat Botol
a. Juara 1: Barung biru laut
b. Juara 2: Barung biru
c. Juara 3: Barung kuning

6. Lomba KIM
a. Juara 1: Barung biru
b. Juara 2: Barung ungu
c. Juara 3: Barung orange

Setelah seluruh rangkaian kegiatan dilakukan, peserta kembali ke sekolah pada hari Jumat, 6 September 2019 dan sampai di sekolah pukul 15.30 WIB dengan membawa segudang pengalaman yang berharga dan bermakna. We are happy and enjoy the camp!!

Ditulis oleh Endrys Stiawan, S.Pd.
Editor Yeni Marlena, S.Pd. dan ANis Okta Fiana, S.Pd.I.

Bagikan ke sosial media 👇
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply