Call Us:   0721-8011325 or fax. 0721-8011329

Kegiatan Belajar Mengajar SMA

ONLINE LEARNING DI SMA GLOBAL MADANI

Tahun ajaran baru 2021/2022 telah dimulai sejak 16 Juli 2021. Di awal tahun ajaran baru ini proses kegiatan belajar mengajar di SMA Global Madani dilakukan dengan moda daring (dalam jaringan). Hal tersebut dikarenakan peraturan situasi darurat yang diberlakukan pemerintah setempat terkait masih tingginya tingkat kasus corona virus disease (covid 19) di kota Bandarlampung. Meskipun demikian proses kegiatan belajar mengajar (KBM) di SMA Global Madani tetap berlangsung dengan baik. Dalam kegiatan belajar mengajar tersebut para guru telah dibekali dengan kemampuan pedagogik yang mumpuni melalui kegiatan pengembangan diri, webinar, pelatihan dan lain-lain baik yang diselenggarakan oleh sivitas SMA Global Madani ataupun dari instansi terkait lainnya. Para guru secara kreatif mendesain proses pembelajaran dengan sangat menarik dan interaktif sehingga hal tersebut dapat meningkatkan motivasi peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran.

Proses kegiatan belajar mengajar dilaksanakan dengan mengintegrasikan kurikulum unggulan Sekolah Global Madani yaitu Sembilan Aspek Kurikulum Unggulan Sekolah Global Madani (SAKU GM) atau Nine Aspects of SGM Enriched Curriculum (NASEC).

Model pembelajaran yang mengacu pada pembelajaran abad 21 pun diterapkan dalam hal meningkatkan tingkat berfikir kritis peserta didik, kreatifitas, kolaborasi serta komunikasi. Selain itu media pembelajaran yang berbasis teknologi dan informasi juga digunakan dalam proses pembelajaran di SMA Global Madani guna meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Diantaranya adalah penggunaan Microsoft Teams sebagai learning management system. Melalui Ms Teams kegiatan belajar mengajar berlangsung, penugasan serta absensi dapat dilakukan melalui portal ini. Selain itu juga sebagai media presentasi para guru memanfaatkan media presentasi power point, canva, dan sebagainya yang didesain menarik dan interaktif. Untuk mengatasi kejenuhan siswa dalam belajar para guru secara kreatif mendesain bahan ajar secara elektronik seperti e-book dan game interaktif.

Seperti pada pembelajaran bahasa Inggris ini para guru medesain pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah yang memantik siswa dalam upaya memecahkan masalah yang terjadi di dalam kehidupan sehari-hari. Materi pembelajaran disajikan dalam presentasi PowerPoint dengan desain yang menarik. Selain itu game interaktif dengan memanfaatkan sebuah website yang bernama kahoot.com ditujukan kepada siswa sebagai kegiatan review materi yang telah dipelajari. Melalui aplikasi comic creator para guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan ide kreatif mereka dengan mendesain comic strip. Komik yang dibuat menggunakan bahasa Inggris dengan materi pokok expression of offering help. Siswa sangat antusias dalam mengerjakan tugas menulis dengan cara yang berbeda sehingga mereka tidak merasa jenuh dalam mengikuti proses pembelajaran. DAlam pembelajaran tersebut mengintegrasikan nilai yang terkandung pada NASEC yaitu keislaman, bahasa dan TIK.

Pada pembelajaran biologi para guru pun mendesain pembelajaran yang juga sangat menarik dan tentunya dapat meningkatkan pola berfikir ilmiah para siswa. Berlatih untuk dapat mempresentasikan sebuah hasil penelitian pun dilakukan. Presentasi dimulai setelah melakukan penelitian ilmiah yang tentunya dengan bimbingan para guru. Melalui kegiatan tersebut para siswa sangat antusian dan sangat percaya diri dalam mmpresentasikan hasil penelitian mereka.

Semoga kegiatan belajar dan mengajar di SMA Global Madani dapat menjadi sebuah proses kegiatan pendidikan yang siap mencetak siswa SMA Global Madani menjadi insan yang islami, cerdas dan bermartabat. Selain itu juga diharapkan proses kegiatan belajar mengajar ini sebagai langkah awal bagi siswa dalam proses untuk meraih cita-citanya dikemudian hari. Ganbatte Kiddos!

Writer: Jaula Ardini, S.Pd.

Editor: Syofian Hadi, S.Pd., Gr.

Bagikan ke sosial media 👇
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Info Pendaftaran