Call Us:   0721-8011325 or fax. 0721-8011329

posted by | No comments

Bertemakan “Be Religious and Smart Generation by Truly Fasting“, Lailan Bil Wahah SMP Global Madani 2019 diikuti oleh seluruh siswa kelas 7 dan 2 siswa kelas 8. Acara ini dilaksanakan pada 10 – 11 Mei 2019 atau bertepatan dengan 5 – 6 Ramadhan 1440 H. Lailan Bil Wahah merupakan kegiatan wajib bagi kelas 7 yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya dalam bulan Ramadhan, dimana para peserta diwajibkan menginap di sekolah untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan iman.

Acara dimulai dengan pembukaan yang dilaksanakan di Aula As-Salam pada pukul 08.15 s.d. 08.30 WIB. Diawali dengan lantunan ayat suci Al-Quran oleh Ananda Maula yang membacakan surat Al-Baqarah ayat 183-185 beserta terjemahannya. Kepala SMP Global Madani, Rani Amrista W., S.Pd., M.Sc. memberikan sambutan dan sekaligus membuka acara. Acara pembukaan berlangsung khidmat dan ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Ananda Tufail.

Kegiatan pertama dalam Lailan Bil Wahah yakni pelaksanaan shalat Dhuha dan tadarus, kemudian dilanjutkan dengan tausiyah bertemakan Ramadhan oleh Abi Taufiq Qurrohman, S.Pd.I. Kegiatan selanjutnya yaitu penyampaian materi praktik ibdah : Fiqih Jenazah oleh Abi Edi Purwanto, S.Pd.I. yang berlangsung hingga menjelang shalat Jumat.

Setelah shalat Jumat, berbagai macam lomba dilaksanakan. Adapun perlombaan yang diadakan dalam acara Lailan Bil Wahah, diantaranya: lomba da’i da’iah, desain poster islami, lomba membaca puisi bertema islami, dan lomba tebak gambar. Perlombaan berlangsung meriah karena setiap kelas berpartisipasi dengan mengirimkan wakilnya.

Setelah keempat perlombaan selesai, kegiatan dilanjutkan dengan shalat Ashar berjamaah, kemudian siswa diarahkan untuk MCK. Mereka diajarkan untuk terbiasa antre, disiplin, dan menggunakan air seperlunya. Semua kegiatan bahkan dari hal kecilpun harus bermanfaat dan memberikan pembelajaran bagi peserta Lailan Bil Wahah.

Pukul 17.00 WIB siswa dikumpulkan kembali di Aula As-Salam untuk mendengarkan tausiyah menjelang berbuka puasa yang disampaikan oleh Ustadz Beni Antoni. Tausiyah berlangsung hingga tiba waktunya untuk berbuka puasa. Seluruh peserta Lailan Bil Wahah beserta seluruh guru SMP Global Madani berbuka puasa dengan kebersamaan dan penuh rasa kekeluargaan. Kegiatan selanjutnya yaitu shalat Maghrib berjamaah dan makan bersama.

Setelah itu, semuanya bersiap untuk melaksanakan shalat Isya dan tarawih di Masjid Al-Madani. Agenda hari pertama Lilan Bil Wahah ditutup dengan tadarus bersama yang bertempat di Masjid Al-Madani.

Lailan Bil Wahah hari ke dua dimulai pukul 02.15 WIB. Siswa bersiap untuk pelaksanaan shalat Tahajud. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan muhasabah yang dilaksanakan di pelataran Plaza Keneda. Kegiatan berlangsung hening, haru, yang kemudian tumpah air mata dalam tangisan membawa pada kesadaran siswa untuk selalu menyayangi kedua orang tua. Muhasabah dibawakan oleh Abi Edi dan Abi Taufiq. Harapannya setelah muhasabah ini semua peserta Lailan Bil Wahah dapat memperbaiki diri dan memperbaiki sikap terhadap kedua orang tuanya.

Pukul 04.00 s.d. 04.30 WIB seluruh peserta beserta bapak dan ibu guru melaksanakan sahur bersama di Aula As-Salam. Dilanjutkan dengan shalat Subuh berjamaah dan nonton bareng film bertemakan islami. Nonton bareng selesai pada pukul 06.30 WIB yang dilanjutkan dengan pengkondisian MCK dan diberikan waktu istirahat sampai 08.30 WIB. Setelah semua peserta mandi dan istirahat, acara dilanjutkan dengan sosialisasi diet plastik yang disampaikan oleh Ruang Jingga bertempat di Aula As-Salam dan berlangsung sampai 11.15 WIB.

Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan tadarus dan itikaf bersama sampai 11.30 WIB. Tibalah acara penutupan Lailan bil Wahah. Pada acara penutupan, langsung diumumkan para pemenang lomba dan pemberian piala. Setelah shalat Dzuhur berjamaah, para peserta dipersilahkan pulang ke rumah masing-masing.

Semoga Lailan Bil Wahah tahun ini dapat memberikan manfaat untuk seluruh peserta dan guru yang ikut berpartisipasi, serta dapat merasakan indahnya Ramadhan dalam kebersamaan. Sampai jumpa di Lailan Bil Wahah tahun depan. Ramadhan ceria dan istimewa bersama Global Madani demi mewujudkan Insan Islami Cerdas Bermartabat.

Written by : Ahmad Habibullaah, S.Kom.
Edited by : Ririn Tria Piani, S.Pd.
Uploaded by : Ahmad Habibullaah, S.Kom.

Bagikan ke sosial media 👇
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Info Pendaftaran