Call Us:   0721-8011325 or fax. 0721-8011329

posted by | No comments

“Kepemimpinan adalah seni untuk membuat orang lain melakukan apa yang Anda inginkan atas keinginannya sendiri.” (Jenderal Dwight David Eisenhower)


Alhamdulilah. Tepatnya pada hari Jumat sore tanggal 15 November 2019, OSIS angkatan VIII SMA Global Madani melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK). Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari 2 malam tersebut mengangkat tema “The Art of Communication is a Language of Leadership”. Acara ini dibuka oleh Wakil Kepala SMA Global Madani Bidang Kesiswaan Mr. Syofian Hadi, S.Pd., Gr.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan materi Keorganisasian dan Kepemimpinan yang disampaikan oleh Kepala SMA Global Madani, Mr. Rofi’ Darojat, Lc., M.H.I. Para pengurus OSIS dibekali dengan materi mengenai langkah-langkah mengelola organisasi dan menyusun program kerja dengan baik. Kemudian setelah materi selesai, seluruh anggota OSIS istirahat malam.

Memasuki hari, tepatnya Sabtu, 16 November 2019, seluruh anggota OSIS memulai kegiatan di pagi hari dengan melaksanakan salat subuh berjamaah di masjid Al-Madani, dilanjutkan dengan membaca Al Ma’tsurot, jalan pagi bersama dan dilanjutkan dengan mandi dan sarapan.

Tepat pukul 07.00 WIB seluruh anggota OSIS kembali mengikuti rangkaian materi LDK untuk sesi selanjutnya yaitu Kesekretariatan dan Administrasi Organisasi yang diisi oleh Wakil Kepala SMA Global Madani Bidang Kesiswaan Mr. Syofian Hadi, S.Pd., Gr. Pada materi ini peserta mendapat pembekalan serta terori maupun praktik secara langsung mengenai bagaimana langkah-langkah dalam menyusun agenda, surat, proposal, laporan dan kearsipan yang kemudian dipresentasikan langsung oleh para peserta LDK.

Pada sesi selanjutnya, Direktur Akademik dan Kesiswaan Yayasan Pendidikan Global Madani, Prof. Dr. Ir. Hj. Nanik Sriyani, M.Sc., hadir memberikan materi mengenai pengembangan diri dalam organisasi serta study luar negeri. Pengalaman pribadi beliau saat study S2 dan S3 di Amerika serta pengalaman beliau keliling dunia dan menggali nilai-nilai NASEC (Nine Aspects of SGM Enriched Curriculum) sangat menginspirasi dan membuka wawasan seluruh peserta LDK. Siswa semakin memahami bahwa softkills yang siswa kembangkan selama berorganisasi akan sangat bermanfaat bagi para siswa di masa mendatang.

Direktur Penjamin Mutu Pendidikan, Umi Evi Ghozaly, M.Pd. juga turut hadir pada sesi selanjutnya dengan materi mengenai Public Speaking. “Berbicara dengan Cinta” menjadi kunci bagi para siswa untuk dapat berbicara efektif dan menarik di depan umum tanpa ada rasa nervous.

Setelah melaksanakan salat dzuhur berjamaah, makan siang dan istrirahat, pada pukul 13.30 dilanjutkan dengan materi mengenai Manajemen Waktu yang disampaikan oleh Wakil Kepala SMA Global Madani Bidang Kurikulum, Ms. Irayanti, S.Pd. Para peserta mendapat pembekalan mengenai strategi mengatur waktu pribadi dan waktu organisasi sehingga target pribadi dan organisasi dapat dicapai dengan baik.

Pada pukul 16.00 seluruh anggota OSIS mengiktui kegiatan keakraban yang diracik dengan sangat santai dan hangat bersama Pembina OSIS SMA Global Madani, Adam Mustapa, S.Pd. dan panitia. Setelah istirahat, salat dan makan malam, diadakan post test bagi seluruh peserta LDK dan ditutup dengan menonton film inspiratif secara bersama.

Pada hari terakhir kegiatan LDK ini, Minggu, 17 November 2019, seluruh peserta LDK melaksanakan salat subuh berjamaah di masjid Al-Madani dan mempersiapkan pelaksanaan kegiatan gathering, leadership game serta penutupan kegiatan LDK di Pantai Sari Ringgung. Kegiatan ini yang dipandu oleh Ms. Fudy Isrowanti, S.ST., Gr. ini berlangsung tidak hanya dengan sangat seru dan menyenangkan tetapi juga sangat meningkatkan kekompakan, ketelitian, kejujuran dan pengembangan karakter anggota OSIS.

Semoga dengan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) OSIS SMA Global Madani angkatan VIII ini dapat membekali para peserta untuk memajukan OSIS SMA Global Madani dengan berbagai macam program dan inovasinya.

Selamat belajar dan berorganisasi, semoga Allah senantiasa menjaga dan meridhai.

Penulis : OSIS Bidang Bahasa
Editor : Adam Mustapa, S.Pd. & Syofian Hadi, S.Pd.
Uploaded by : M. Syaifudin, S.Kom.

Bagikan ke sosial media 👇
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply