Call Us:   0721-8011325 or fax. 0721-8011329

posted by | No comments

Monitoring dan evaluasi (Moneva) merupakan kegiatan pengawasan dan penilaian terhadap suatu sistem yang akan dan sedang berjalan. Sekolah memerlukan adanya monitoring dan evaluasi guna mencapai tujuan pendidikan dan mengawasi prosesnya secara maksimal. Di samping itu, hasil monitoring dan evaluasi dapat dijadikan pedoman baru bagi setiap satuan pendidikan untuk terus meningkatkan kualitas pendidikannya. Dari sisi pendidik, hasil evalausi dapat digunakan sebagai umpan balik untuk meningkatkan kualitas dan kinerja mengajar.

Bandarlampung, Jumat, 2 Oktober 2020 telah dilaksanakan Moneva di SD Global Madani oleh Ibu Andasia Malyana, M.Pd. dan Ibu Yuli Felina, M.Pd. selaku Pengawas Utama dan Pengawas Madya Dinas Pendidikan Kota Bandarlampung. Pelaksanaan Moneva dimulai pukul 09.00 WIB s.d 11.00 WIB dan diikuti oleh 24 guru dan panitia. Kegiatan diawali dengan pembukaan di Keneda Hall SD Global Madani. Dalam acara pembukaan, Kepala SD Global Madani, Mrs. Yeni Marlena, S.Pd. menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada tim pengawas. Andasia Malyana, M.Pd. selaku pengawas utama menyampaikan tujuan dan harapannya dalam kunjungan Moneva kali ini. Beliau menuturkan bahwa keselamatan dan kesehatan adalah hal paling utama dalam menjalankan sistem pendidikan di masa pandemi ini. Beliau juga memotivasi para guru untuk terus mengembangkan karakter peserta didik dan memaksimalkan segala media dan sumber belajar dalam menggali potensi peserta didik.

Monitoring dan evaluasi kegiatan pembelajaran dilakukan oleh tim pengawas kepada guru, kemudian manajerial satuan pendidikan terhadap kepala sekolah. Aspek monitoring dan evaluasi meliputi perencanaan, pelaksanaan, penutup, dan partisipasi orang tua. Dalam hal ini, Pengawas Utama Dinas Pendidikan Kota Bandarlampung, Andasia Malyana, M.Pd. mengungkapkan rasa bangga dan kagumnya terhadap SD Global Madani yang telah menyesuaikan dan menjalankan sistem pendidikan di masa pandemi dengan sangat baik sesuai harapan. Saya bangga dengan sekolah ini, gurunya profesional karena kepala sekolahnya juga profesional. Bisa menjadi contoh sekolah lain tentang pembelajaran dan apa yang diinginkan pemerintah mengenai pembelajaran daring sudah diterapkan di sekolah ini. Ingin sekolah lain seperti Global Madani, agar masa depan anak-anak memiliki karakter yang baik, ungkap beliau. Kegiatan ini berjalan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pengelola YPGM, Kepala, Wakil Kepala SD Global Madani, panitia, dewan guru, dan staf atas dukungan dan upaya maksimal dalam rangka menyukseskan acara Moneva TA 2020/2021. Harapannya, dengan dilaksanakannya Moneva TA 2020/2021 ini dapat memberikan motivasi kepada SD Global Madani untuk terus mempertahankan kualitas pendidikan dan meningkatkan kompetensi guru dalam administrasi maupun proses pembelajaran dalam rangka mengembangkan potensi dan karakter peserta didik menjadi Insan, Islami, Cerdas, Bermartabat.

Ditulis oleh Anis Okta Fiana, S.Pd.I.

Bagikan ke sosial media 👇
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Info Pendaftaran