Call Us:   0721-8011325 or fax. 0721-8011329

posted by | No comments

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 18 Tahun 2016 tentang pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru, pelaksanaan kegiatan ini wajib mengedepankan kegiatan-kegiatan yang bersifat edukatif dan kreatif sehingga dapat mencegah perpeloncoan yang dilakukan oleh kakak kelas dalam suatu sekolah.

SMA Global Madani mengawali Tahun Akademik baru 2019/2020 ini dengan kegiatan ORIESIS (orientasi siswa) baru. Dilaksanakan pada tanggal 11 s.d 13 Juli 2019 yang diikuti oleh 75 siswa dengan tema “Insan Islami Cerdas Bermartabat”. Selain untuk pengenalan lingkungan dan budaya akademik Sekolah Global Madani, kegiatan ini juga bertujuan untuk membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan sekolah, menggali potensi diri, dan menumbuhkan motivasi belajar baik di sekolah maupun di luar sekolah.

Hari pertama kegiatan Oriesis ini dipimpin oleh Kepala SMA Global Madani Mr. Rofi’ Darojat, Lc., M.H. sekaligus membuka secara simbolik kegiatan tersebut dengan pelepasan kupu-kupu serta penyematan name tag kepada perwakilan siswa baru. Kemudian dilanjutkan dengan sarapan dan salat sunah dhuha bersama serta pengenalan Hymn dan Mars Global Madani. Setelah salat zuhur acara dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai “NASEC and Future Education” oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Ms. Irayanti, S.Pd. dan “My School, My World, My Second Home” oleh Wakil Kepala Bidang Kesiswaan Mr. Syofian Hadi, S.Pd.Gr.

Hari kedua Oriesis dimulai dengan salat dhuha bersama di masjid Al-Madani, kemudian dilanjutkan dengan games keakraban antarsiswa baru, dan pemaparan materi mengenai “Leadership” dan “ Social Media Interaction and The Danger of Drug and Free Sex” oleh Kepala SMA Mr. Rofi’ Darojat, Lc., M.H. setelah pelaksanaan salat Jumat, siswa baru dan dewan guru berkumpul di Plaza Keneda untuk menyaksikan OSIS performance dan ekskul in Action.

Hari ketiga kegiatan Oriesis ditutup dengan sarapan bersama, tukar-menukar kado,“out bond” di sekitar lingkungan sekolah dan ditutup oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum Ms. Irayanti, S.Pd. yang ditandai dengan pelepasan name tag perwakilan dari siswa baru .

Konsep kegiatan Oriesis tahun ini dikemas menjadi sebuah kegiatan yang fun , kreatif dan edukatif, sehingga momen-momen yang telah dilalui siswa selama Oriesis dapat memberikan kesan yang positif bahwa Global Madani bukan sekolah biasa, tapi our second home dan tempat yang nyaman untuk menuntut ilmu, bersosialisasi, serta mengembangkan minat dan bakat siswa.

Written by : Nita Octaviani, Lc., Dpl. Is
Edited : Mr. Syofiam Hadi, S. Pd. Gr. and Mr. Rofi’ Darojat, Lc., M.H.

Bagikan ke sosial media 👇
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply