Call Us:   0721-8011325 or fax. 0721-8011329

posted by | No comments

Berdasarkan Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 60, Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Pasal 86 & 87 dan Surat Keputusan Mendiknas No. 87/U/2002 akreditasi sekolah adalah kegiatan penilaian (asesmen) sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi diri dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentukan kelayakan dan kinerja sekolah. Adapun fungsi akreditasi sekolah adalah mengetahui bagaimana kelayakan & kinerja sekolah dilihat dari berbagai unsur yang terkait, mengacu kepada baku kualitas yang dikembangkan berdasarkan indikator-indikator amalan baik sekolah, mempertanggungjawabkan apakah layanan yang diberikan memenuhi harapan atau keinginan masyarakat, dan untuk kepentingan pengembangan, yakni agar sekolah dapat melakukan peningkatan kualitas atau pengembangan berdasarkan masukan dari hasil akreditasi.

Maka berdasarkan peraturan pemerintah tersebut, SMA Global Madani telah melaksanakan Re-Akreditasi pada hari Senin dan Selasa/ 29 dan 30 April 2019, dengan kedatangan asesor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung yaitu, Bapak Drs. A. Rauf, M.M. dan Ibu Isnaini, M.Pd. Dalam kunjungannya para asesor berdecak kagum terhadap kinerja tim akreditasi SMA Global Madani yang mempersiapakan data dengan lengkap dan tersusun secara rapi. Akreditasi sekolah mencakup penilaian terhadap sembilan komponen sekolah, yaitu kurikulum dan proses belajar mengajar, administrasi dan manajemen sekolah, organisasi dan kelembagaan sekolah, sarana prasarana, ketenagaan, pembiayaan, peserta didik, dan peran serta masyarakat, serta lingkungan dan kultur sekolah. Adapun hasil dari pemeriksaan dari 8 standar oleh asesor yang meliputi standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga pendidik dan kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian mendapatkan nilai maksimal.

Saat ini SMA Global Madani sedang menunggu keputusan BAN-SM terkait hasil dari visitasi asesor. Insya Allah usaha dan proses tidak akan mengkhianati hasil, dan SMA Global Madani mampu mempertahankan status sebagai salah satu sekolah unggulan terakreditasi A di Bandar Lampung.

Writer : Nofria, S.Pd.
Upload by : M. Syaifudin, S.Kom.

Bagikan ke sosial media 👇
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply