Call Us:   0721-8011325 or fax. 0721-8011329

posted by | No comments

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk mendapatkan informasi akurat guna memperbaiki kualitas belajar-mengajar yang pada akhirnya akan meningkatkan hasil belajar siswa. Asesmen Nasional ini dilaksanakan dalam tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) untuk satuan pendidikan Sekolah Dasar berlangsung pada 15-18 November 2021 untuk gelombang I dan II, kemudian 22-25 November 2021 untuk gelombang III dan IV.

Sebagai tuan rumah, SD Global Madani mengikuti ANBK di gelombang pertama pada 15 dan 16 November 2021, disusul SDN 1 Rajabasa di gelombang kedua pada 17 dan 18 November 2021, kemudian SDN 2 Rajabasa di gelombang ketiga pada 22 dan 23 November 2021. Peserta ANBK berjumlah 90 peserta yang terdiri dari 30 siswa kelas V dari masing-masing sekolah. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari untuk masing-masing sekolah dengan dua sesi yaitu pukul 08.00-10.35 WIB pada sesi pertama dan pukul 13.00-15.35 WIB pada sesi kedua. Hari pertama, siswa mengerjakan soal AKM Literasi dan Survei Karakter, kemudian di hari kedua soal AKM Numerasi dan Survei Lingkungan Belajar. Kegiatan ini berlangsung di ruang Laboraturium ICT SD Global Madani dan dilaksanakan oleh kepala sekolah, proktor, dan teknisi dari sekolah masing-masing, dibantu pengawas silang, serta diawasi langsung oleh tim Pengawas Inspektorat Jenderal dan Dinas Kota Bandarlampung. Seluruh guru juga mengisi instrumen Survei Lingkungan Belajar melalui gawai masing-masing selama ANBK berlangsung.­­­

Dengan terlaksananya Asesmen Nasional Berbasis Komputer, semoga potret pendidikan secara nasional dapat terpetakan dengan akurat guna memperbaiki kualitas belajar-mengajar sehingga tujuan pemerintah meningkatkan mutu pendidikan dapat tercapai.

Ditulis Oleh Anis Okta Fiana, S.Pd.I.

Pelaksanaan ANBK gelombang Ke-2
Bagikan ke sosial media 👇
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Info Pendaftaran