Call Us:   0721-8011325 or fax. 0721-8011329

posted by | No comments

Rabu, 14 Agustus 2019 telah dilaksanakan perayaan Idul Adha 1440 H di SD Global Madani. Perayaan Idul Adha mengusung tema “Semangat Berhaji dengan Hati, Semangat Berqurban dengan Ketaqwaan“. Perayaan Idul Adha kali ini dirayakan dengan menyelenggarakan manasik haji bagi siswa-siswi kelas I-III, kegiatan dimulai dari pukul 07.30-10.30 WIB.  Kegiatan ini rutin dilaksanakan di Sekolah Dasar Global Madani saat perayaan Idul Adha dan diadakan guna memberikan pendidikan keislaman (NASEC) kepada seluruh siswa SD Global Madani. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memotivasi dan menambah wawasan bagi seluruh siswa agar mengisi perayaan Idul Adha dengan kegiatan yang positif dan membangun pribadi yang lebih baik.

Kegiatan manasik haji dimulai dengan photo session yang dilakukan di depan kakbah.  Dengan penuh kegembiraan, siswa-siswi berpose dengan riang.  Acara dilanjutkan dengan mendengarkan sambutan dari Kepala SD Global Madani,  Mrs. Yeni Marlena, S.Pd.  Setelah itu dilanjutkan dengan melaksanakan rangkaian ibadah haji yaitu ihram.  Ihram adalah keadaan seseorang yang telah berniat untuk melaksanakan ibadah haji/umroh.  Dalam kesempatan ini, ihram dipandu oleh Mr. Endrys Stiawan S.Pd. dengan mempraktikkan cara menggunakan kain ihram.

Setelah ihram selesai, rangkaian ibadah selanjutnya adalah tawaf, yaitu mengelilingi kakbah. Dilanjutkan lagi dengan sai dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah, wukuf di Padang Arafah, melempar jumrah, dan diakhiri dengan tahalul. Semua rangkaian ibadah umrah terlaksana dengan tertib, penuh dengan kegembiraan dan penuh dengan makna. Berbeda dengan tahun sebelumnya, manasik haji kali ini dilaksanakan di pelataran Perguruan Tinggi Al-Madani.

Setelah rangkaian ibadah umrah selesai, agenda dilanjutkan dengan menyaksikan pemotongan hewan qurban.  Para siswa terlihat sangat antusias dalam menyaksikan penyembelihan hewan qurban.  Selesai menyaksikan penyembelihan, para siswa diperkenankan untuk beristirahat dan kemudian dilanjutkan dengan mewarnai gambar islami di kelas masing-masing.

Perayaan Idul Adha diharapkan mampu menumbuhkan rasa cinta kepada Rasulullah SAW, meneladani kesabaran dan ketaqwaan Nabi Ibrahim serta Nabi Ismail dalam menjalankan perintah Allah SWT.

Labbaikkallahumma labbaik…Labbaikkallahumma labbaik…

Ditulis oleh Nurul Hidayati Muchson, S.Pd.I
Editor Yeni Marlena, S.Pd. dan Anis Okta Fiana, S.Pd.I.

Bagikan ke sosial media 👇
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply