Call Us:   0721-8011325 or fax. 0721-8011329

posted by | No comments

Salah satu dari beberapa kegiatan tahunan SD Global Madani adalah Homestay. Kegiatan jilid 3 ini diikuti oleh 40 siswa-siswi kelas VI yang terdiri dari 2 kelas (VI A dan VI B) serta didampingi oleh 15 orang guru pendamping. Kegiatan kali ini dilaksanakan pada tanggal 18 November 2018 hingga 20 November 2018 yang bertempat di Pekon Gisting Atas, Kecamatan Gisting, Kabupaten Tanggamus. Dengan tema kegiatan “Semangat bermasyarakat untuk membangun pribadi yang mandiri dan berbudi pekerti” kegiatan ini bertujuan menumbuhkan rasa syukur, kemandirian, tanggung jawab serta rasa empati siswa terhadap lingkungan dan masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan wadah penerapan kurikulum unggulan sekolah global madani yaitu SAKU GM (Sembilan Aspek Kurikulum Unggulan Global Madani) yang memiliki nilai keislaman, karakter, soft skill, life skill, wawasan lingkungan, wawasan global, kewirausahaan, bahasa dan ICT.

Satu minggu sebelum kegiatan Homestay dimulai, Siswa kelas 6 mengikuti sosialisasi pembekalan terlebih dahulu pada hari Senin, 8 Oktober 2018 di Masjid Al-Madani. Dari 40 siswa kelas VI, terbagi menjadi 5 kelompok siswa laki-laki dan 4 kelompok siswa perempuan. Pada kegiatan ini, mereka diberi informasi bahwa setiap kelompok akan membawa sembako untuk orang tua asuh, perlengkapan pribadi, dan menyiapkan tugas untuk acara kegiatan Homestay yang akan dilaksanakan.

Tanggal 18 Oktober 2018, kegiatan diawali dengan upacara pembukaan yang dilaksanakan di lapangan Sekolah Tinggi Al-Madani yang dihadiri oleh Kepala SD Global Madani, Ms.Yeni Marlena, S.Pd. Pada acara pembukaan tersebut, Ms. Astri Maulina, S.Pd. selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SD Global Madani menyampaikan pesan kepada siswa-siswi untuk menerapkan CCGM, menjaga sikap, adab dan perilaku, mengikuti setiap kegiatan dengan baik, mengerjakan tugas yang diberikan panitia, menghormati dan membantu orang tua asuh, menikmati setiap sajian yang diberikan orang tua asuh, dan menjaga kesehatan dengan istirahat yang cukup. Setelah acara pembukaan, siswa bersiap-siap untuk berangkat menuju Pekon Gisting Atas, Tanggamus pada pukul 08.00 WIB.

Kecerian siswa sudah dimulai sejak awal perjalan. Terlihat wajah yang ceria dan gelak tawa siswa di dalam bus karena jalan berkelok-kelok membuat siswa yang semakin antusias akan kegiatan homestay ini. Ini adalah pengalaman pertama mereka melakukan perjalanan selama 2,5 jam bersama teman-teman di dalam bus. Sesampainya di Pekon Gisting Atas, seluruh siswa dan guru pendamping disambut oleh kepala pekon, perangkat pekon, dan para orang tua asuh. Acara selanjutnya yaitu penyerahan siswa oleh Kepala SD Global Madani kepada Kepala Pekon Gisting Atas, Gisting, Tanggamus. Setelah acara penyerahan, siswa langsung menuju rumah orang tua asuh masing-masing.

Hari pertama kegiatan siswa dimulai dengan perkenalan serta merapikan barang bawaan siswa di masing-masing rumah OTA (orang tua asuh). Kegiatan hari pertama lebih ditekankan pada proses adaptasi dan pengenalan siswa terhadap orang tua asuh mereka, mulai dari mengenal anggota keluarga sampai melihat kebiasaan dan aktivitas apa yang biasa mereka lakukan setiap harinya. Kegiatan keislaman siswa dilaksanakan di masjid pekon Gisting Atas, mulai dari kegiatan salat berjamaah, kegiatan perkenalan, dan mengaji bersama, serta nonton bersama film islami dengan santri TPA setempat.

Sedangkan pada hari kedua, kegiatan siswa sangat padat, dimulai dengan salat subuh berjamaah dan murajaah, kerja bakti membersihkan lingkungan, funwalk, menjadi panitia lomba mewarnai dan adzan, mengikuti kegiatan OTA, mulai dari bertani dan berkebun. Di malam hari mereka mempersiapkan laporan serta merapikan barang untuk kepulangan esok harinya.

Hari ketiga merupakan hari terakhir siswa-siswi mengikuti kegiatan Homestay. Setelah salat subuh berjamaah dan mendengarkan kultum dari siswa, setiap kelompok mengikuti kegiatan OTA hingga pukul 10.30 WIB. Pada Pukul 10.30 seluruh siswa mengikuti kegiatan penutupan dan penyerahan siswa oleh Kepala Pekon Gisting Atas kepada pihak sekolah yang diwakilkan oleh Wakil Kepala SD Global Madani Bidang Kurikulum, Ms. Desvi Kurnia SR., S.T. Pada acara penutupan ini, kepala pekon menyampaikan rasa terima kasih karena telah mempercayai Pekon Gisting Atas, menjadi tempat Homestay SD Global Madani, dan menjadi suatu kebanggan tersendiri. Hal yang sama disampaikan oleh Wakil Kepala SD Global Madani, yang mengatakan rasa terima kasih atas diizinkan dan diterimanya seluruh siswa SD Global Madani dan guru pendamping. Dan seluruh siswa-siswi mendapatkan pembelajaran di Pekon Gisting Atas, Kecamatan Gisting, Kabupaten Tanggamus.

Setelah acara penutupan, masing-masing kelompok kembali ke rumah untuk berpamitan dengan orang tua asuh. Para siswa menyampaikan rasa terima kasih, pesan dan kesan untuk orang tua asuh selama tinggal di rumah mereka. Saat orang tua asuh menyampaikan pesan dan kesan untuk siswa-siswi, nampak wajah kesedihan hingga siswa meneteskan air mata. Pada pukul 13.00 WIB siswa-siswi SD Global Madani dan guru pendamping izin pulang, dan orang tua asuh mengantarkan hingga ke depan bus, kami pun berangkat menuju sekolah dan tiba pada pukul 15.30 WIB. Homestay di Pekon Gisting Atas meninggalkan kesan yang sangat mendalam bagi siswa-siswi SD Global Madani.

Demikian berakhirnya acara Homestay SD Global madani tahun ajaran 2018/2019. Kami ucapkan terimakasih yang sebesarnya kepada seluruh Pengelola YPGM, para pimpinan SD, panitia kegiatan Homestay serta seluruh perangkat dan warga Pekon Gisting Atas yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini. Semoga kegiatan yang telah terlaksana mampu meningkatkan rasa syukur, kemandirian, tanggung jawab dan rasa empati antarsesama bagi siswa SD Global Madani.

Ditulis oleh M. Ramadhan, S.Pd.
Editor Yeni Marlena, S.Pd. dan Anis Okta Fiana, S.Pd.I.

Bagikan ke sosial media 👇
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Info Pendaftaran