Call Us:   0721-8011325 or fax. 0721-8011329

posted by | No comments

SMA Global Madani telah melaksanakan kegiatan Assessment Nasional Berbasis Komputer (ANBK) pada tanggal 30 Agustus-1 September 2022. ANBK merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia yang berfokus pada input,  proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Rangkaian kegiatan ANBK diikuti oleh 50 peserta didik di SMA Global Madani yang terdiri dari 45 peserta utama dan 5 peserta cadangan dari kelas XI (sebelas). Dalam Kegiatan ANBK terdapat 3 instrumen penilaian yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar. Selain para peserta didik, Kepala Sekolah, seluruh guru, dan staff SMA Global Madani juga mengikuti kegiatan ANBK dengan mengisi dan menjawab soal Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) yang terdaftar dalam sistem pendataan Dapodik. Dikutip dari laman Pusat Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek, Survei Lingkungan Belajar adalah alat ukur yang digunakan untuk mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan satuan pendidikan.

Dalam pelaksanaannya, rangkaian kegiatan ANBK telah dipersiapkan selama 1 bulan, dimulai dengan diadakannya sosialisasi tentang ANBK dan sistem pelaksanaannya, simulasi kegiatan, gladi resik hingga test yang sebenarnya. Kegiatan ANBK dilaksanakan di Lab ICT SMA Global Madani selama 2 hari dan terbagi menjadi 3 sesi dimana setiap sesi terdiri dari 15 peserta. Pada hari pertama ANBK, siswa memulai kegiatan dengan mengerjakan Assesmen Kompetensi Minimum ( AKM) literasi, dan survey karakter, sedangkan di hari kedua siswa mengerjakan AKM numerasi, dan survey lingkungan belajar. Menurut Kemendikbudristek, kegiatan ANBK ini sangatlah penting karena memiliki banyak manfaat baik bagi dinas pendidikan, satuan pendidikan, kepala sekolah, guru atau siswa. Kegiatan ini berfungsi sebagai kebijakan evaluasi sebuah sistem pendidikan, tolak ukur mutu satuan pendidikan sekolah, bahan aspek pendukung suasana lingkungan belajar yang lebih komprehensif, serta pusat informasi kualitas dan profil satuan pendidikan. Seluruh peserta didik melaksanakan kegiatan ini dengan penuh semangat dan integritas.Hal ini tentunya selaras dengan pengaplikasian NASEC (Nine Aspects of SGM Enriched Curriculum) atau sembilan aspek kurikulum unggulan Sekolah Global Madani.

Writer : Fita Lianasari, S.S.

Editor: Rofi’ Darojat, Lc., M.H.

Bagikan ke sosial media 👇
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Info Pendaftaran