Jelang Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK),  SD Global Madani Ikuti Kegiatan Simulasi

0 Comments

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) adalah program penilaian terhadap mutu yang dimiliki oleh satuan pendidikan atau sekolah. ANBK diadakan sebagai pengganti UNBK sebagai satu produk Merdeka Belajar dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). Berbeda dengan UNBK yang dilaksanakan pada akhir tahun sekolah, ANBK diadakan di kelas V SD, VIII SMP, dan XI SMA. Program ini tidak mengevaluasi capaian siswa secara individu tetapi bertujuan untuk mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil.

Sebagai persiapan pelaksanaan ANBK, tim Pengawas Dinas Kota Bandarlampung melakukan kunjungan verifikasi kesiapan kegiatan ke SD Global Madani pada Rabu, 1 September 2021. Dari hasil kunjungan serta tinjauan sarana dan prasarana, tim pengawas menyatakan SD Global Madani siap menghadapi ANBK. Di hari berikutnya, yaitu Kamis, 2 September 2021 SD Global Madani mengikuti Simulasi ANBK dengan lancar. Kegiatan yang dimulai pukul 08.00-11.30 WIB ini dilaksanakan dengan moda semi online dan diikuti oleh 1 proktor, 1 teknisi, serta 5 guru sebagai peserta. Peserta mengerjakan soal literasi, numerasi, dan survey karakter dengan baik, meski ada beberapa soal survey karakter yang belum sempurna. Selain persiapan teknis di atas, SD Global Madani juga mengadakan sosialisasi ANBK kepada orang tua siswa pada Sabtu, 4 September 2021, serta pembiasaan mengerjakan soal literasi dan numerasi oleh siswa dalam pembelajaran. Hal ini dilakukan sebagai wujud dukungan dan motivasi terhadap orang tua dan siswa kelas V SD Global Madani agar tenang dan siap menghadapi ANBK.  

Dengan berbagai upaya yang telah dilakukan SD Global Madani, persiapan ANBK dirasa sudah maksimal. Tentunya dengan harapan siswa SD Global Madani siap menghadapai ANBK, sukses mengerjakan soal-soal yang diberikan, dan menjadi cerminan yang baik untuk sistem pendidikan secara keseluruhan.

Ditulis oleh Anis Okta Fiana, S.Pd.I.

Bagikan ke sosial media 👇

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos-pos Terbaru

Arsip

Kategori