SMP Global Madani sukses menyelenggarakan perayaan Teachers Day 2025 pada Senin, 24 November 2025. Mengusung tema “Guru Hebat, Indonesia Kuat”, rangkaian kegiatan tahun ini menekankan penguatan kemitraan antara guru, siswa, dan orang tua sebagai pilar utama dalam ekosistem pendidikan. Perayaan tahun ini mencapai puncaknya melalui program Parent Teaching, yaitu kegiatan kolaboratif saat para orang tua siswa secara sukarela mengajar dalam sesi pembelajaran khusus. Melalui pengalaman belajar langsung dari beragam profesi dan keahlian orang tua, siswa memperoleh wawasan baru, sementara para orang tua dapat merasakan secara langsung dinamika dan kompleksitas tugas seorang pendidik.
Teachers Day bukan hanya ruang untuk memberi penghargaan, tetapi juga momen refleksi bahwa pendidikan merupakan usaha bersama. Antusiasme orang tua dan respon positif siswa menjadi bukti kuat bahwa kolaborasi ini menghadirkan pengalaman belajar yang menyegarkan dan bermakna. Selain Parent Teaching, rangkaian Teachers Day turut dimeriahkan oleh dua kompetisi utama:
- Lomba Menghias Tumpeng
Diikuti oleh perwakilan kelas sebagai simbol rasa syukur dan kebersamaan. Setiap tim menampilkan kreativitas terbaik dengan konsep yang menonjolkan peran guru sebagai “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa” dalam mencerdaskan bangsa.
- Lomba Short Movie
Ajang eksplorasi karya film pendek bertema Teacher’s Day yang menjadi wadah ekspresi terima kasih dan kekaguman siswa terhadap dedikasi para guru. Karya terbaik diputar pada penutupan acara.
Perayaan Teachers Day diakhiri dengan upacara sederhana yang dihadiri seluruh warga sekolah, diikuti sesi ramah tamah dan penyerahan apresiasi kepada para pemenang lomba. SMP Global Madani berharap peringatan Teachers Day tidak hanya menjadi agenda seremonial tahunan, tetapi menjadi penggerak semangat untuk terus menghadirkan inovasi pembelajaran serta memperkuat sinergi antara guru, siswa, dan orang tua demi mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter.

Writer: Sarah Suci Merizka, S.Pd.
Editor: Ririn Tria Piani, M.Pd., Gr.


